Home Basic Berapa Lama Charge iPhone Pertama Kali Beli Baru?

Berapa Lama Charge iPhone Pertama Kali Beli Baru?

Berapa Lama Charge iPhone Pertama Kali Beli Baru?

Membeli iPhone pertama kali mungkin kamu langsung teringat dengan anjuran agar charge baterai hape baru hingga 8 jam lamanya meskipun sudah penuh. Namun apakah benar baterai iPhone harus charge 8 jam ketika pertama kali beli?

Anjuran untuk mengisi baterai hingga 8 jam ini sebenarnya hanya berlaku untuk baterai dengan tipe dan teknologi yang lawas. Sementara iPhone sudah menggunakan Lithium Ion Polymer yang tidak lagi membutuhkan perlakuan khusus seperti ini.

Beberapa baterai lawas dengan tipe NiCD, NiCad, dan juga NiMH memiliki memory effect alias efek memori. Jadi misalnya kamu mengisi baterai dari 0% sampai 80%, maka baterai akan menganggap 80% tadi adalah penuh alias 100%, sementara 20% sisanya akan hilang.

Baca Juga:

Teknologi Lithium Ion sudah tidak lagi menggunakan teknologi yang sama dengan baterai model lawas, dan tentu saja tidak memiliki memory effect. Jadi, kamu bisa mengisi baterai iPhone kapan saja sesuka hatimu.

Namun tentu saja ada kekurangannya. Lithium Ion akan lebih cepat rusak jika kapasitas baterainya benar-benar habis. Jadi sangat disarankan ketika baterai sudah sangat lemah, lebih baik matikan saja smartphone tersebut daripada baterai habis total.

Jadi, anggapan bahwa pertama kali beli iPhone harus charge selama 8 jam adalah anggapan yang salah. Ketika membeli iPhone, kamu bisa isi baterai tersebut hingga penuh lalu langsung cabut charger.

Lagipula, tidak ada manfaatnya sama sekali mengisi baterai iPhone terlalu lama, misalnya selama 8 jam atau lebih lama. Selain itu, kamu bisa lebih hemat energi dan juga hemat biaya listrik bulanan kan?

Bagaimana menurutmu? Kamu masih percaya iPhone harus diisi baterai hingga 8 jam ketika pertama kali beli?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya 😀

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong