Home Basic Begini Cara Melacak iPhone yang Hilang

Begini Cara Melacak iPhone yang Hilang

Begini Cara Melacak iPhone yang Hilang

iPhone kamu hilang..?? MacPoin turut sedih mendengarnya. Tetapi jika fitur Find My iPhone (Cari iPhone Saya) aktif di iPhone kamu, maka masih ada kesempatan untuk mencari iPhone yang hilang tersebut. Apple sudah menyediakan tool dan fasilitas yang sangat bermanfaat jika iphone hilang, dan di artikel ini MacPoin akan mengulas bagaimana cara melacak iPhone menggunakan tool Find My iPhone.

Cara Melacak iPhone Melalui iCloud

Cara termudah untuk menemukan iPhone yang hilang adalah dengan melacaknya melalui fitur Find My iPhone (Cari iPhone Saya) di iCloud. Hal ini bisa kamu lakukan melalui browser di platform apapun. Tentu sebelumnya fitur Find My iPhone juga harus aktif di iPhone kamu, karena jika tidak, maka kamu tidak bisa menggunakannya untuk melacak iPhone (Karena itulah MacPoin selalu menyarankan setiap pengguna iPhone wajib mengaktifkan fitur ini, karena resiko iPhone hilang bisa terjadi dimanapun dan kepada siapapun).

Begitu iPhone kamu hilang, sesegera mungkin kamu buka iCloud.com/#find melalui browser. Login ke akun iCloud (Apple ID) kamu, dan jika ada kolom untuk verifikasi kode, kamu tidak perlu memasukkannya karena memang posisi iPhone tengah berada di tangan orang lain.

Cara Melacak iPhone yang Hilang

Setelah itu kamu akan mendapati halaman Find My iPhone, atau jika tidak kamu bisa membukanya manual melalui menu yang disediakan.

Cara Melacak iPhone yang Hilang

Disana kamu bisa menemukan lokasi dimana iPhone kamu sekarang berada. Kamu tinggal ikuti saja menuju ke lokasi tersebut.

Cara Melacak iPhone yang Hilang

Begitu kamu klik di titik iPhone tersebut, kamu bisa membuka detail iPhone, serta memunculkan beberapa opsi seperti:

  • Play sound: membunyikan suara (sangat bermanfaat jika kamu sedang cari iPhone dan sudah dekat dengan lokasinya)
  • Mengaktifkan Lost Mode: dengan mengaktifkan Lost Mode maka kamu bisa mengunci iPhone secara remote menggunakan passcode, menampilkan pesan tertentu misalnya “iPhone ini hilang, hubungi no tlp 0852565654, please.”, melacak lokasi iPhone secara konstan, atau jika kamu memasukkan kartu debit dan kartu kredit ke Apple Pay, maka pembayaran Apple Pay bisa disuspend untuk sementara waktu.
  • Erase iPhone: untuk menghapus seluruh data di iPhone kamu agar tidak bisa diakses oleh si pencuri. Tetapi ingat, jangan buru-buru dihapus. Karena setelah dihapus maka kamu tidak bisa lagi menggunakan fitur Find My iPhone, dan kamu tidak bisa lacak iPhone itu lagi. Hanya hapus jika kamu memang sudah mencarinya dan tidak ketemu, atau sudah menyerah karena gagal mendapatkannya kembali.

Cara Mencari iPhone yang Hilang Melalui Aplikasi Find My iPhone

Selain melacak iPhone melalui iCloud web, kamu juga bisa melakukannya melalui aplikasi Find My iPhone. Tetapi ini hanya bisa kamu lakukan jika punya perangkat Apple lain seperti iPhone atau iPad. Caranya kamu tinggal buka saja aplikasi Find My iPhone di perangkat lain tersebut, kemudian login dengan Apple ID yang sama seperti Apple ID di iPhone kamu yang hilang.

Jika kamu lacak iPhone melalui aplikasi ini, maka ada beberapa kemudahan yang bisa kamu dapatkan dibanding melacaknya melalui web. Pertama, kamu bisa diarahkan untuk mencari iPhone yang hilang. Tinggal tap saja Action > aktifkan Lost Mode > tekan icon dengan logo mobil > dan kamu akan dibawa ke navigator yang mengarahkan kamu menuju ke lokasi iPhone.

 

Cara Melacak iPhone yang Hilang

Dengan begitu kamu bisa lebih mudah dalam menemukan iPhone tersebut.

Cara Melacak iPhone yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Jika iPhone yang hilang dalam keadaan offline / mati, maka tentu kamu tidak bisa menemukan lokasinya di Find My iPhone. Tetapi kamu masih bisa mengaktifkan Lost Mode, bahkan juga Erase. Semua aksi tersebut akan langsung dijalankan begitu iPhone kembali online / menyala.

Kamu juga bisa bersabar sejenak dan berharap iPhone tersebut akan dinyalakan oleh pemilik barunya dan kembali online sehingga bisa dilacak dengan Find My iPhone seperti diatas.

Bagaimana Jika Find My iPhone Tidak Aktif?

Ini adalah masalah besar. Dengan tidak aktifnya Find My iPhone maka kamu tidak bisa melacak iPhone yang hilang. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah mengubah password Apple ID dan seluruh akun yang terhubung ke iPhone kamu. Karena itu jika saat ini iPhone kamu masih dalam genggaman, pastikan fitur Find My iPhone aktif. Kamu bisa mengeceknya di Settings > Apple ID > iCloud > pastikan Find My iPhone berada dalam kondisi On.

 

Nah, itulah beberapa tips dan panduan MacPoin seputar cara melacak iPhone. Meskipun cari iPhone hilang menggunakan fitur Find My iPhone tidaklah sulit, tetapi untuk menemukannya memang perlu upaya yang cukup melelahkan. MacPoin hanya bisa berharap kamu berhasil menemukan kembali iPhone kamu tersebut. Semoga bermanfaat.

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.