Home Mac Inilah 6 Fitur Baru macOS High Sierra di Mac

Inilah 6 Fitur Baru macOS High Sierra di Mac

Apple memilih terus memoles macOS jadi lebih baik daripada menguburnya dengan setumpuk fitur baru.

macOS High SierraSeperti yang biasa, Apple mengumumkan versi macOS terbaru pada event WWDC 2017. Nama barunya tidak banyak berubah, yaitu macOS 10.13 High Sierra. Sejenak saya berpikir om Federighi bercanda seperti biasa, tapi ternyata namanya benar-benar High Sierra.

macOS High Sierra tidak membawa banyak fitur baru, tapi lebih memoles macOS sebelumnya hingga jadi lebih baik lagi. Selain itu, mengingat ini versi developer beta, mungkin besok-besok ada hal baru lagi yang dikenalkan. Nah, apa saja yang dikenalkan malam ini?

Safari yang lebih cepat dan lebih pintar

autoplay block high sierra

High Sierra kini menambahkan fitur baru pada Safari sehingga bisa memblok otomatis autoplay dari sebuah website yang seringkali memakan kuota. Jadi jika kamu tidak perlu lagi takut video ghaib yang muncul entah dari mana. Selain itu Safari kini bisa mencegah sebuah website melacak historymu. Sehingga ketika kamu meninggalkan website pelacak tidak akan bisa mengikutimu kemanapun.

Mail yang lebih baik

mail-updates

Aplikasi Mail kini mendapatkan pencarian yang lebih baik dengan Spotlight. Ketika kamu mencari sebuah komunikasi tertentu, Spotlight akan mengidentifikasi pilihan teratas. Selain itu ada pula jendela split-view untuk menuli email.

Update untuk Photos

macOS High Sierra

Aplikasi Photos kini mendapatkan perubahan besar untuk pengorganisasian, termasuk tampilan baru yang diurutkan secara kronologis berdasarkan kapan kamu mengimpor foto. Kamu juga memberikan filter pada foto seperti keyword, tipe media, tanggal dan masih banyak lagi. Teknologi pengenalan wajah juga semakin lebih baik di update kali ini, dan akan tersinkronisasi secara otomatis ke seluruh perangkatmu. Photos juga menghadirkan editing tool baru, termasuk curve, color, dan sinkronisasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Photoshop atau Affinity Photo.

File sistem baru

macOS High Sierra

Akhirnya Apple melakukan move on dari HFS ke APFS (Apple File System). Dengan APFS, kamu bisa menggandakan file dengan sangat cepat. APFS bisa memanfaatkan SSD jauh lebih baik daripada HFS yang awalnya dikembangkan untuk teknologi harddisk. Selain itu file APFS juga memberikan instan direktori dan membantumu mengamankan file jika sewaktu-waktu Mac-mu mati.

Dukungan format video terbaru

macOS High Sierra

Selain file sistem, macOS High Sierra juga melakukan move on dari format video H264 ke H265. Format ini menawarkan kompresi grafis yang lebih baik hingga 40%. Di masa depan, H265 akan menjadi format default karena bisa memberikan kualitas 4K sebenarnya, namun dengan ukuran hampir sama dengan H264.

VR untuk Mac

iMac Pro

Apple memperbarui seluruh lini Mac di event ini sehingga memiliki performa yang lebih baik. API Metal 2 yang baru kini memiliki kualitas 10 kali lebih baik dan lebih cepat. Metal 2 juga telah mendukung kartu grafis eksternal yang mampu memberikan dukungan VR. Apple juga bekerja sama dengan Valve untuk membawa Steam VR ke Mac, eits tidak ketinggalan, Unreal Engine VR juga ikut menyusul ke Mac!

image via GSMArena

Nah demikianlah fitur baru macOS High Sierra yang diperkenalkan malam ini. Saya cukup puas karena Apple memilih terus memoles macOS jadi lebih baik daripada menguburnya dengan setumpuk fitur baru.  macOS High Sierra tersedia untuk developer beta mulai hari ini, dan tersedia untuk publik musim gugur nanti. Sekali lagi, ini adalah versi paling awal jadi bisa jadi saat rilis publik nanti akan ada sedikit perubahan baru.

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.