Home Basic Cara Memperbaiki iTunes Error 3194 Saat Restore iPhone

Cara Memperbaiki iTunes Error 3194 Saat Restore iPhone

Cara Memperbaiki iTunes Error 3194 Saat Restore iPhone

Melakukan restore perangkat iOS seperti iPhone dan iPad melalui iTunes di PC, laptop, atau komputer Mac memang bisa dilakukan sendiri. Cara melakukan restore iPhone langsung dari iTunes juga sangat mudah.

Namun ada kalanya kamu menemui error atau kesalahan ketika proses restore iPhone. Ya, kesalahan yang paling terkenal ketika restore dan update iOS adalah error 3194 di iTunes. Error ini membuat proses restore perangkat iOS tidak bisa berjalan.

Namun bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasi masalah error iTunes 3194 ini. Sebenarnya ada beberapa tips dan cara mudah untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi kesalahan atau masalah tersebut.

Kesalahan atau error 3194 disebabkan oleh masalah server. Beberapa faktor penyebab lain bisa menyebabkan masalah ini. Bisa koneksi internetmu yang bermasalah, atau bisa juga server Apple yang bermasalah.

Kamu cukup gunakan koneksi internet lain jika memang ada masalah di koneksi internet yang sedang kamu gunakan. Jika masalahnya ada di server Apple, maka kamu cukup tunggu saja sampai server kembali berjalan normal dan error iTunes 3194 hilang.

Jika penyebab masalah ada di dalam komputer atau laptop, maka kamu bisa coba untuk melakukan restart PC atau laptop yang kamu gunakan. Pastikan iTunes dan sistem operasi yang kamu gunakan sudah menggunakan versi terbaru.

Untuk pengguna Mac, kamu bisa mencoba untuk memeriksa file host di Mac OS X atau macOS untuk mencoba memperbaiki masalah iTunes error 3194 ini.

  1. Buka Terminal. Kamu bisa menemukan terminal dengan mencari langsung dari Launchpad atau dari Finder.
  2. Masukkan perintah sudo nano /private/etc/hosts. Mungkin kamu masih belum terbiasa dengan terminal, tidak masalah dan ikuti saja langkah selanjutnya.
  3. Masukkan password admin Mac OS X atau macOS.
  4. Terminal akan menampilkan file host yang ada di dalam Mac atau MacBook kamu.
  5. Cari sebuah entri yang berisi “gs.apple.com”. Kamu bisa menggeser kursor dengan arah panah di keyboard.
  6. Tambahkan “#” dan spasi (“# “) tepat di awalan gs.apple.com.
    Cara Memperbaiki iTunes Error 3194 Saat Restore iPhone
  7. Simpan file dengan menekan Control – O.
  8. Tekan Control – X untuk keluar dari editor nano.
  9. Restart komputer Mac atau MacBook kamu.

Di titik ini kamu sudah memperbaiki masalah iTunes error 3194 dan seharusnya penyebab peringatan kesalahan tersebut sudah tidak ada lagi dan proses restore iPhone sudah bisa berjalan dengan lancar.

Jika memang masih muncul pesan kesalahan atau error 3194 ini, pastikan lagi kalau iTunes dan seluruh sistem operasi sudah update dan menggunakan versi terbaru. Pastikan juga kamu menggunakan koneksi internet yang berfungsi.

Bagaimana? Kamu sudah berhasil menyelesaikan masalah iTunes error 3194 saat restore perangkat iOS seperti iPhone dan iPad ini?

Share pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita juga ya 😀

  9 Fitur Baru iOS 11 yang Wajib Dicoba  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong