Home Basic Cegah Aplikasi Mac Tidak Sengaja Close Dengan CommandQ

Cegah Aplikasi Mac Tidak Sengaja Close Dengan CommandQ

Cegah Aplikasi Mac Tidak Sengaja Close Dengan CommandQ

Pintasan atau shortcut ⌘Q adalah salah satu shortcut Mac yang berfungsi untuk menutup aplikasi secara penuh. Ya, dengan perintah Command + Q alias Cmd+ Q tentu saja semua software akan langsung tertutup dan semua data aplikasi mungkin saja hilang sebelum kamu simpan.

Shortcut Cmd + Q ini berbeda dengan klik tombol Close. Menekan atau klik tombol close hanya akan menutup jendela di beberapa aplikasi, dan menutup keseluruhan aplikasi di beberapa aplikasi. Untuk menutup sepenuhnya, kamu harus menekan Cmd + Q.

Masalahnya adalah, mungkin saja kamu tidak sengaja menekan Command + Q tersebut sehingga aplikasi Mac tertutup secara tidak sengaja. Masih untung jika data bisa disimpan, bagaimana jika data hilang tanpa sempat kamu save terlebih dahulu?

Kamu bisa menggunakan CommandQ, aplikasi kecil dan praktis untuk mencegah kamu secara tidak sengaja menekan tombol Command + Q yang menyebabkan aplikasi Mac tertutup secara tidak sengaja.

Cegah Aplikasi Mac Tidak Sengaja Close Dengan CommandQ

Cara kerja aplikasi ini sangat sederhana. Cukup buka aplikasi, dan aplikasi akan berjalan di latar belakang tanpa kamu sadari. Ketika kamu menekan tombol Command + Q, kamu akan melihat tampilan “Hold to Quit”.

Cegah Aplikasi Mac Tidak Sengaja Close Dengan CommandQ

Ketika tampilan Hold to Quit, yang harus kamu lakukan tentu saja menahan beberapa detik agar shortcut Command + Q bisa dijalankan secara normal. Intinya adalah, aplikasi ini menambah fitur hold agar Command + Q tidak berjalan otomatis dan langsung close aplikasi.

Bagaimana? Kamu sudah coba aplikasi CommandQ ini?

Download – CommandQ For Mac

  Video: Fitur Night Shift di macOS Sierra Terbaru  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong