Home Basic Tutorial Cara Install File ipa di iPhone dan iPad

Tutorial Cara Install File ipa di iPhone dan iPad

Tutorial Cara Install File ipa di iPhone dan iPad

File .ipa adalah file aplikasi iOS yang bisa kamu install di iPhone dan iPad. Aplikasi tersebut masih dalam bentuk mentah dan kamu perlu PC atau Mac untuk bisa install file .ipa ke iPhone dan iPad.

Apakah install file ipa perlu jailbreak? Tidak juga. File ipa sebenarnya file yang memang dibuat oleh Apple dan bisa dibuka dengan iTunes. Dengan iTunes di PC atau Mac, kamu bisa install aplikasi iOS dalam bentuk file ipa ke iPhone tanpa jailbreak.

Syaratnya adalah kamu harus punya aplikasi iTunes di Mac atau software iTunes di PC / laptop Windows. Komputer Mac atau MacBook sudah terinstal iTunes. Untuk PC atau laptop Windows, kamu bisa download iTunes di Windows. Baca: Cara install iTunes di Windows.

Untuk menginstal file ipa di iPhone dan iPad, kamu tidak perlu jailbreak. Kamu bisa baca tutorial cara install file ipa ke iPhone dan iPad di bawah ini ya.

  1. Pastikan kamu sudah install iTunes di PC, Laptop, atau Mac. Kamu bisa download dan install iTunes di PC atau laptop Windows terlebih dahulu.
  2. Kamu juga harus sudah punya file .ipa yang merupakan file aplikasi iOS. Kamu bisa dapatkan file .ipa dari App Store.
    Tutorial Cara Install File ipa di iPhone dan iPad
  3. Masukkan aplikasi iOS file ipad tersebut ke folder Mobile Application yang ada di direktori iTunes. File tersebut akan terbaca di iTunes secara otomatis dan membuat proses install file ipa di iPhone dan iPad menjadi lebih mudah.
    Tutorial Cara Install File ipa di iPhone dan iPad
  4. Buka iTunes dan masuk ke halaman Apps. Kamu akan menemukan aplikasi iOS yang kamu masukkan dalam format ipa.
    Tutorial Cara Install File ipa di iPhone dan iPad
  5. Tentu saja file ipa yang kamu masukkan tersebut adalah file apa adanya. Mungkin saja file merupakan aplikasi dengan versi yang sudah usang dan perlu diupdate.
  6. Untuk selanjutnya, kamu bisa melakukan proses install aplikasi iOS dari file ipa ke iPhone dengan proses install seperti biasa. Baca: Cara Download dan Install Aplikasi iPhone dari PC.

iTunes akan melakukan proses instalasi aplikasi iOS seperti biasa. Aplikasi akan terinstal apa adanya, seperti versi dan juga fitur mungkin sudah usang karena aplikasi masih dalam versi lawas.

Meskipun demikian, cara install file ipa ke iPhone dan iPad ini sebenarnya tidak terlalu populer. Yang populer adalah langsung melakukan download dan install aplikasi iOS langsung ke iTunes, lalu diinstall di iPhone dan iPad.

Bagaimana? Sudah coba install file ipa tersebut?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong