Home iPhone Malware Ini Curi Data Motion Sensor dan Jebol Passcode Lock

Malware Ini Curi Data Motion Sensor dan Jebol Passcode Lock

Malware Ini Curi Data Motion Sensor dan Jebol Passcode Lock

iPhone, iPad, dan perangkat Apple lain sudah dilengkapi dengan beragam sensor. Salah satunya adalah Motion Sensor yang memungkinkan perangkat untuk bisa mendeteksi gerakan atau perubahan posisi iPhone.

Teknologi Motion Sensor Apple ini bisa digunakan oleh hacker untuk mengambil informasi dari pengguna iPhone. Contohnya adalah mendeteksi kemiringan posisi iPhone saat memasukkan 4 digit PIN atau Passcode Lock.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Newcastle University ini berhasil memecahkan 70% Passcode Lock dari iPhone yang menggunakan 4 digit kode dalam sekali coba dan 100% dalam 5 kali percobaan.

Apa yang sebenarnya terjadi? Banyak website atau aplikasi yang bisa mengambil data Motion Sensor tanpa persetujuan dari pengguna. Bukan cuma PIN, beberapa data seperti password, daftar telepon juga bisa diketahui.

Namun ternyata bug dan kesalahan ini sudah teratasi di update iOS 9.3 dan yang lebih baru. Memang kita sangat disarankan untuk terus update iOS ke versi yang lebih baru karena bisa berisi banyak sekali perbaikan bug.

Saran terbaik selain rajin update OS adalah, kamu tetap harus berhati-hati dengan segala aktivitas kamu di dalam dunia maya karena bisa saja tetap ada kebocoran data pengguna yang bisa merugikan kamu.

Bagaimana menurutmu?

via Engadget

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong