Home iPad Inilah Penyebab Ukuran Aplikasi Facebook Semakin Besar

Inilah Penyebab Ukuran Aplikasi Facebook Semakin Besar

Inilah Penyebab Ukuran Aplikasi Facebook Semakin Besar

Aplikasi Facebook adalah salah satu aplikasi populer yang ada di iPhone dan iPad. Tidak heran jika aplikasi Facebook for iOS ini menjadi salah satu aplikasi paling sering didownload di App Store oleh pengguna iPhone dan iPad.

Namun apakah kamu sadar jika aplikasi Facebook for iOS ini memiliki ukuran yang semakin besar? Ya, dari hari ke hari, semakin lama maka ukuran aplikasi Facebook akan semakin besar dan terus mengurangi ukuran memori storage iPhone dan iPad kamu.

Aplikasi Facebook for iOS juga sudah beberapa tahun ini selalu memberikan update berkala 2 minggu sekali. Di versi terbaru Facebook 87.0, ukuran aplikasi ini menjadi sangat besar. Ukuran aplikasi bisa  mencapai 391MB! Apa penyebab ukuran aplikasi menjadi sangat besar?

Dilansir dari halaman situs web Timac , mereka mencoba mencari tahu apa sebabnya hal ini dengan cara sederhana, yaitu membandingkan Facebook for iOS versi 66 rilis 6 bulan lalu dari aplikasi Facebook 87.0 terbaru.

Dia menemukan ada perubahan ukuran aplikasi sangat besar, dari 165MB menjadi 253MB untuk perangkat iPad Air 2 yang hanya berjalan di mode 64-bit. Lalu tim Timac memakai aplikasi GrandPerspective untuk melihat bagian dalam dari kedua aplikasi tersebut. Hasilnya adalah konten yang sangat berbeda baik secara jenis, ukuran dan sumber dokumen.

Bagian lain yang menjadi penyebab aplikasi Facebook for iOS menjadi sangat besar adalah dokumen terduplikasi dalam jumlah yang cukup banyak. Meski ukuran dokumennya sangat kecil, tetapi duplikat yang dibuat bisa menambah ukuran dokumen hingga belasan MB.

Selain dokumen dan file ganda yang kena duplikasi, ternyata banyak ditemukan masalah serupa pada bagian gambar. Dokumen assets.car terduplikat pada 3 tempat berbeda. Menghilangkan gambar terduplikasi bisa menghemat hingga 40MB.

Namun untungnya Facebook masih memberikan fitur berupa clear cache yang berfungsi untuk membersihkan cache dan file temporary sementara sehingga bisa mengurangi ukuran aplikasi Facebook di iPhone dan iPad yang semakin besar saja.

Bagaimana? Kamu merasa aplikasi Facebook juga semakin besar?

via Timac

  Video: Fitur Night Shift di macOS Sierra Terbaru  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong