Home Tutorial Cara Menghubungkan Windows Phone ke Mac dan MacBook

Cara Menghubungkan Windows Phone ke Mac dan MacBook

Cara menghubungkan Windows Phone ke komputer Mac

Pengguna komputer Mac atau MacBook biasanya juga memiliki perangkat mobile keluaran Apple juga seperti iPhone, iPad, dan iPod. Alasannya? Karena untuk menghubungkan keduanya, sangat mudah. Cukup colokkan ke komputer Mac lewat USB, maka secara ajaib iTunes akan terbuka dan melakukan tugasnya.

Sama seperti ketika pengguna Windows memiliki smartphone Windows Phone seperti Nokia Lumia, tinggal tancap maka Nokia Lumia dan PC atau laptop langsung terhubung dengan baik.

Tetapi bagaimana jika pengguna Windows Phone menggunakan Komputer Mac OS X atau macOS seperti Mac atau MacBook?

Perlu diketahui bahwa secara default Windows Phone tidak akan bisa terdeteksi oleh iTunes maupun dari Finder Mac dan MacBook. Hanya aplikasi Foto khusus OS X atau macOS saja yang bisa membacanya, itu pun hanya untuk import foto.

Nah, bagaimana caranya agar kita bisa menghubungkan perangkat Windows Phone ke macOS?

Jawabannya dengan aplikasi khusus buatan Microsoft. Namun sayang, kabarnya aplikasi ini sudah tidak dilanjutkan lagi pengembangannya. Namun hingga saat ini kamu masih bisa menggunakannya untuk menghubungkan Windows Phone ke komputer Mac.

Cara menghubungkan Windows Phone ke komputer Mac

Pertama tentu saja, unduh dahulu aplikasinya. Aplikasi bisa diunduh disini.

Aplikasi ini berbentuk .app sehingga bisa langsung dibuka tanpa harus melakukan install. Untuk memunculkan aplikasi ini di menu aplikasi alias Launchpad, salin aplikasi ini ke folder Application. Lalu secara ajaib aplikasi akan muncul di Launchpad. Setelah muncul, langsung buka saja.

Cara menghubungkan Windows Phone ke komputer Mac

Aplikasi ini cukup sederhana. Kita bisa mengimpor-ekspor gambar, musik, dan lain-lain. Meskipun begitu, kita tetap tidak bisa mengakses Windows Phone langsung dari Finder. Jadi semua aktivitas baca-tulis harus melalui aplikasi ini. Mirip dengan perangkat iOS dengan iTunes.

Namun sayangnya karena aplikasi ini sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft, mungkin aplikasi yang kamu unduh dari link diatas adalah versi terakhir tidak akan ada versi lanjutannya.

Tetapi selama masih bisa digunakan, kenapa tidak? 😀

Selamat mencoba.

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode