Home Editorial 5 Aplikasi Mac Pilihan Untuk Menunjang Fotografi

5 Aplikasi Mac Pilihan Untuk Menunjang Fotografi

5 Aplikasi Mac Terbaik Untuk Menunjang Fotografi

Apakah kamu orang yang suka foto-foto? Pasti banyak di antara kita yang suka dengan dunia fotografi. Mulai dari yang hanya bermain-main sampai yang menjadikan dunia fotografi sebagai profesi mereka untuk menjaga dapur tetap mengepul.

Namun apa pun itu, pastinya kita butuh yang namanya aplikasi. Aplikasi yang mampu menunjang pekerjaan kita dalam dunia fotografi. Aplikasi apa saja itu?

 

Adobe Photoshop & Photoshop Express

5 Aplikasi Mac Terbaik Untuk Menunjang Fotografi

Aplikasi yang satu ini tentu saja sudah menjadi andalan semua pecinta fotografi profesional. Ya, Adobe Photoshop. Aplikasi yang satu ini kabarnya masih belum tergantikan. Hampir semua kebutuhan fotografi bisa dilakukan dengan Adobe Photoshop. Tidak heran jika sampai sekarang masih menjadi andalan Adobe.

Apa saja keunggulan aplikasi ini? Tentu saja karena kemampuannya yang sangat bisa diandalkan. Mulai dari editing sederhana seperti mengubah warna dan pencahayaan hingga editing rumit seperti manipulasi gambar yang melibatkan banyak layer.

Dengan kemampuannya yang super, tentu saja aplikasi ini tidak gratis. Meskipun begitu, kita masih bisa mencoba versi trial secara gratis selama 30 hari. Adobe Photoshop terbaru adalah versi Creative Cloud (CC) 2015 dan sudah tersedia versi Mac dan Windows.

Mau yang gratis? Ada Adobe Photoshop Express yang bisa diunduh di App Store iOS. Namun jangan pernah berharap versi Express punya fitur yang sama dengan versi desktop di Mac.

 

Adobe Lightroom

5 Aplikasi Mac Terbaik Untuk Menunjang Fotografi

Bila kamu pikir bahwa Adobe Photoshop adalah aplikasi andalan para fotografer, maka kamu salah. Aplikasi andalan para fotografer yang pertama adalah Adobe Lightroom.

Dengan Adobe Lightroom, kita bisa melakukan pengeditan foto dengan cepat dan mudah. Pernah lihat foto pre wedding atau foto-foto keren bersama temanmu di studio? Foto-foto keren itu kemungkinan besar diedit dengan menggunakan Lightroom.

Mengapa? Karena Lightroom memang ditujukan untuk para fotografer, sedangkan Photoshop ditujukan untuk profesional yang pekerjaannya melibatkan manipulasi gambar seperti desain grafis.

Adobe Lightroom juga sudah tersedia versi Mac. Adobe Lightroom juga dijual dengan harga yang cukup “Waw”. Namun kita bisa mencoba secara gratis selama 30 hari.

Mau yang gratis? Ada kok di versi iOS. Namun tetap saja, jangan terlalu berharap kemampuannya sama dengan versi Mac. Oh iya, Photoshop dan Lightroom tidak ada di Mac App Store, tetapi hanya bisa diunduh dan dibeli melalui situs Adobe.

 

Pixelmator

5 Aplikasi Mac Terbaik Untuk Menunjang Fotografi

Mau Lightroom tapi terbentur harganya yang sangat mahal? Tenang, ada kok aplikasi serupa yang powerful namun harganya lebih murah. Pixelmator adalah jawabannya.

Bisa dibilang Pixelmator adalah alternatif Lightroom yang paling populer di platform Mac. Secara fitur editing foto, kemampuannya mendekati Lightroom. Secara harga, Pixelmator juga lebih murah.

Keuntungan lainnya adalah Pixelmator bisa dibeli lewat Mac App Store. Jadi, misal kita punya Mac baru, kita hanya tinggal login Apple ID lalu unduh dari Store dengan mudah. Pixelmator juga ada versi iOS yang lebih murah. Kemampuan versi Mac tentu lebih bagus, namun versi iOS juga tidak kalah jauh dengan versi Mac.

 

Photoscape

5 Aplikasi Mac Terbaik Untuk Menunjang Fotografi

Mau Photoshop namun yang versi gratis? Pakai saja versi trialnya selama 30 hari, atau kalau mau coba aplikasi alternatif, bisa pilih Photoscape. Photoscape ini bisa diunduh gratis dari Mac App Store, dan terdapat versi berbayar untuk mengaktifkan versi Pro.

Photoscape ini juga bisa digunakan untuk manipulasi gambar hingga desain grafis seperti Photoshop, kemampuannya jangan harap bisa menyamai Photoshop. Jika kamu hanya melakukan manipulasi sederhana seperti menambah teks, memotong gambar, menyisipkan gambar, hingga membentuk kolase, Photoscape masih bisa diandalkan.

 

Fotor

5 Aplikasi Mac Terbaik Untuk Menunjang Fotografi

Mau Lightroom atau Pixelmator namun yang versi gratis? Tenang! Fotor adalah jawabannya. Fotor adalah aplikasi gratis paling populer. Tidak ada aplikasi editing foto gratis sepopuler Fotor di Mac. Bahkan di versi App Store iOS, Fotor juga selalu menjadi salah satu aplikasi teratas dalam aplikasi fotografis gratis.

Soal kemampuan, lumayan kok. Mulai dari menerapkan filter, menambah efek, mengatur pencahayaan, dan lain lain masih bisa dikerjakan oleh Fotor.

Itulah 5 aplikasi Mac pilihan penunjang fotografi. Punya aplikasi favorit lainnya? Silahkan sebutkan di kolom komentar dibawah ini.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong