Home Editorial Review 4 Browser Terbaik iOS untuk iPhone dan iPad

Review 4 Browser Terbaik iOS untuk iPhone dan iPad

Review 4 Browser Terbaik iOS untuk iPhone dan iPad

Browser adalah program yang memungkinkan kita untuk menjelajahi halaman web di mesin lokal maupun di jaringan internet. Tentu saja kamu sudah tahu apa itu browser dan contoh browser di komputer atau laptop kan?

Bagaimana dengan browser yang ada di iPhone dan iPad? Ada beberapa browser iOS yang bisa kamu coba. Namun saya hanya fokus pada 4 browser populer saja, yaitu Safari, Opera, Chrome, dan Firefox.

Sorotan pertama yang saya lihat dari sebuah browser mobile adalah kinerja. Selain itu, beberapa fitur tambahan yang berhubungan dengan kenyamanan browsing juga menjadi pertimbangan.

Nah bagaimana review singkat 4 browser terbaik iOS di iPhone dan iPad ini? Mana yang menurutmu merupakan browser terbaik?

 

Safari

Browser pertama yang jadi rekomendasi tentu saja Safari. Ya, browser buatan Apple ini memang salah satu browser terbaik yang ada di perangkat mobile. Tentu saja karena kinerja dan performa browser ini sangat bagus.

Safari ini memiliki performa yang sangat mulus. Tidak heran karena Safari ini memang dirancang oleh Apple langsung, sehingga ketika dijalankan di perangkat buatan Apple seperti iPhone dan iPad bisa bekerja dengan sangat baik.

Review 4 Browser Terbaik iOS untuk iPhone dan iPad

Kualitas browser ini juga bisa kamu lihat di uji HTML5 di bawah ini. Mendapatkan skor 388 untuk sebuah browser mobile tentu saja tidak buruk. Mungkin skor ini cukup rendah jika dibandingkan dengan browser di Android karena sejatinya iOS tidak mendukung flash.

 

Opera

Browser berikutnya ini adalah Opera. Sebagai salah satu browser populer, Opera tentu saja tidak akan lupa untuk memasukkan iOS sebagai platform yang akan kebagian mendapatkan Opera browser.

Review 4 Browser Terbaik iOS untuk iPhone dan iPad

Kualitas Opera juga tidak ketinggalan. Kamu akan mendapatkan skor 388 yang sama dengan Safari. Jadi secara kualitas tidak ada bedanya antara Safari dan Opera. Hanya saja fitur Opera lebih banyak, khususnya fitur yang membuat kamu lebih nyaman dalam browsing.

Review 4 Browser Terbaik iOS untuk iPhone dan iPad

Sebagai sebuah browser mobile, Opera ini bisa dibilang sangat bagus. Fitur yang berfungsi untuk mempercepat browsing Opera Turbo ada di iOS. Ingin membuat Opera lebih hemat data juga bisa dengan mengaktifkan adblock dan mengompres gambar.

 

Google Chrome

Jika ada browser yang bisa dibilang terbaik dalam dunia desktop, maka jawabannya adalah Google Chrome. Browser buatan Google ini menjadi favorit para pengguna di Windows dan Mac. Bagaimana dengan Google Chrome iOS di iPhone dan iPad?

Ya, Google tidak lupa memberikan browser terbaiknya ini ke iOS sehingga kamu bisa menggunakan Chrome di iPhone dan Android. Untuk fiturnya sendiri apakah Google Chrome ini sebagus Chrome di desktop?

Review 4 Browser Terbaik iOS untuk iPhone dan iPad

Hasil HTML5 menunjukkan Chrome mendapatkan skor 391. Ya, lebih tinggi dari Safari dan Chrome. Namun yang saya tidak suka dari Chrome cuma satu. Ya seperti biasa, Chrome boros baterai.

 

Firefox

Browser Firefox yang sangat terkenal ini juga tidak ketinggalan nangkring di App Store sehingga kamu bisa menggunakan Firefox di iPhone dan iPad kamu. Bagaimana fitur dan kinerja Firefox di iPhone dan iPad?

Review 4 Browser Terbaik iOS untuk iPhone dan iPad

Meskipun tidak ada fitur menarik seperti halnya Opera, namun ternyata kemampuan HTML5 Firefox di iPhone dan iPad ini bisa diperhitungkan. Mendapatkan skor 390 lebih tinggi dari Safari dan Opera.

Kalau saya pribadi sih lebih suka pakai Safari karena ringan dan terintegrasi dengan sistem. Setiap ada link pasti akan terbuka dengan Safari. Untuk masalah penghemat data, kamu bisa menggunakan 1Blocker yang ada di App Store, gratis.

Nah bagaimana menurutmu? Kamu lebih suka pakai browser apa?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode