Home News Awas Ada Isu Privasi dan Data Pengguna Aplikasi Meitu

Awas Ada Isu Privasi dan Data Pengguna Aplikasi Meitu

Awas Ada Isu Privasi dan Data Pengguna Aplikasi Meitu

Meitu, aplikasi yang bisa edit dan mengubah foto wajah kamu menjadi unik dan artistik dengan efek hand-drawn ini akhir-akhir ini mulai populer di Indonesia. hal ini karena hasil akhir edit foto dengan menggunakan Meitu sangat bagus dan unik.

Terlebih buat kamu yang suka dengan anime atau animasi Jepang, kamu bisa ubah wajah kamu dengan menggunakan Meitu. Aplikasi Meitu bisa kamu download gratis untuk iPhone dan Android. Namun buat kamu yang suka dengan aplikasi Meitu ini kamu harus waspada.

Baca Juga:

Seperti yang dilansir dari Kompas Tekno, aplikasi Meitu ini memiliki perilaku aneh. Aplikasi akan menyimpan data pengguna lalu mengirimkan data tersebut ke luar. Apa yang terjadi dengan data tersebut?

Bukan cuma itu, aplikasi juga meminta izin secara otomatis untuk mengakses sejumlah data yang tidak ada hubungannya dengan fitur edit foto. Beberapa data tersebut adalah lokasi atau GPS, status dan identitas smartphone, pengaturan audio, dan lain sebagainya.

Spekulasi sementara menunjukkan bahwa Meitu bisa saja menjual data pengguna untuk kepentingan mereka, misalnya menjual data pengguna Meitu ke perusahaan iklan untuk mengoptimalkan iklan mereka agar lebih sesuai target.

Mungkin semua akses dan hal-hal tersebut cukup wajar untuk sebuah aplikasi sosial media, namun sangat aneh untuk sebuah aplikasi edit foto seperti Meitu. Namun apa tanggapan resmi dari Meitu?

Dilansir dari Techno Okezone, aplikasi Meitu memang memiliki perilaku aneh seperti mengakses banyak sekali data dan mengirimkan data tersebut atau mengekspor data ke IP eksternal. Namun Meitu memiliki alasan tersendiri.

Pihak Meitu menjelaskan bahwa data-data tesebut digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan aplikasi di masa mendatang. Meitu juga memastikan semua data tersebut aman dan tidak akan dijual ke pihak lain.

Untuk kamu yang sangat concern dengan masalah bahaya privasi dan keamanan data pribadi, tentu saja aplikasi ini sangat menghawatirkan. Meitu sendiri sebenarnya juga sudah menjadi pembicaraan ketika ditemukan mengirimkan data IMEI ke berbagai server di China.

Nah bagaimana menurutmu? Apakah aplikasi Meitu ini aman dan tidak berbahaya?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

via Kompas TeknoTechno Okezone

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong