Home Mac AWAS! Guaranteed Recovery Disk Drill Menyimpan Semua File Terhapus di Folder CleverFiles

AWAS! Guaranteed Recovery Disk Drill Menyimpan Semua File Terhapus di Folder CleverFiles

Cara Menghapus Folder .CleverFiles Disk Drill

Salah satu fitur Disk Drill yang sangat bermanfaat adalah menjaga file dan folder yang terhapus dengan aman sehingga kamu bisa mengembalikan dan memulihkan file terhapus tersebut.

Namun sistem yang disebut dengan Guaranteed Recovery tersebut memiliki kekurangan. Ya, semua file yang masuk ke trash can dan terhapus akan tetap disimpan. Jadi ketika kamu menghapus file 15GB ke trash can dan mengosongkan trash can, total tree storage tidak akan bertambah.

Baca Juga:

Setelah dicari lebih jauh, ternyata file dan folder yang terhapus dari trash can tersebut tetap tersimpan di hardisk atau SSD di dalam folder tersembunyi .cleverfiles. Kamu bisa akan bisa mencari folder cleverfiles tersembunyi tersebut secara default.

Jika kamu menggunakan Mac, kamu harus masuk ke Finder dulu dan mencari folder .cleverfiles dengan tekan Command+Shift+G dengan keyboard dan ketik “.cleverfiles” untuk masuk ke folder cleverfiles.

Perlu kamu ingat, file yang ada di dalam folder tersembunyi .cleverfiles tersebut jangan kamu hapus secara manual. Hal tersebut sangat sia-sia karena file yang kamu hapus akan masuk ke trash can, dan akan kembali lagi ke folder .cleverfiles tersebut.

Ada kalanya kamu membutuhkan penyimpanan kosong atau free storage sesegera mungkin. Jadi kamu mau tidak mau harus segera menghapus atau mengosongkan folder .cleverfiles tersebut dari sistem Guaranteed Recovery Disk Drill.

Cara Menghapus Folder .CleverFiles Disk Drill

Cara menghapus atau mengosongkan folder CleverFiles tersebut sangat mudah. Kamu tidak perlu menghapus secara manual semua file tersebut karena hal tersebut tidak ada gunanya dan tidak akan menghapus file tersebut secara permanen.

Untuk menghapus folder .cleverfiles tersebut, kamu harus masuk dulu ke aplikasi Disk Drill. Di bagian disk startup, secara default bernama Macintosh HD, kamu klik ikon gear untuk membuka pengaturan. Pilih Configure Data Protection.

Cara Menghapus Folder .CleverFiles Disk Drill

Kamu matikan dulu fitur Guaranteed Recovery dengan mengubah ON menjadi OFF. Lalu kamu klik Reset Storage untuk menghapus semua penyimpanan Guaranteed Recovery. Semua file yang ada di folder .Cleverfiles akan terhapus semua.

Cara Menghapus Folder .CleverFiles Disk Drill

Kamu bisa melihat sendiri, sekarang free storage kamu akan kembali seperti semula. Tidak ada lagi storage sampah yang tetap mengendap di dalam harddisk atau SSD Mac dan MacBook kamu.

Cara Menghapus Folder .CleverFiles Disk Drill

Untuk versi Windows sendiri saya masih belum mencobanya. Jika bisa, maka tutorial berikutnya akan segera saya buatkan 😀

Bagaimana? Sudah coba?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong