Home iPhone Cara Mengubah iPhone Menjadi Modem di Laptop atau PC via Kabel

Cara Mengubah iPhone Menjadi Modem di Laptop atau PC via Kabel

Cara Mengubah iPhone Menjadi Modem PC via Kabel

Berbagi koneksi internet dari iPhone ke PC, laptop, atau Mac memang bisa menggunakan beragam cara. Cara paling umum adalah dengan melakukan tethering via Wifi.

Dengan membagikan koneksi internet iPhone dengan cara tethering via wifi, tentu saja lebih kamu tidak perlu kabel.

Namun bagaimana jika kamu hanya ingin membagikan koneksi internet iPhone dengan PC atau laptop tertentu secara khusus? Tentu saja kamu perlu mengubah iPhone menjadi modem layaknya modem kabel.

Beberapa kelebihan tethering dengan sambungan kabel adalah koneksi yang dihasilkan lebih stabil. IPhone juga lebih aman dari risiko kehabisan baterai karena kabel menancap di laptop atau PC membuat iPhone juga sekaligus diisi baterai alias charging.

Terlebih lagi jika kamu menginginkan koneksi yang benar-benar aman dari “pembajakan” sehingga lebih memilih menggunakan koneksi kabel ketimbang tethering via wifi.

Misalnya saja teman kamu iseng menggunakan sambungan tethering iPhone via wifi dan download file berukuran besar. Rugi kuota paket data internet dong kalau seperti ini.

Kamu bisa berbagi koneksi internet iPhone dengan kabel data sehingga akan membuat iPhone kamu seolah berubah menjadi modem. Untuk melakukannya, kamu bisa melakukan tutorial mudah berikut ini.

  1. Tancapkan iPhone ke laptop atau PC via kabel data lightning.
  2. Di iPhone, masuk ke menu Setting – Personal Hotspot. Jika fitur Personal Hotspot masih menyala, matikan dulu. Lalu, nyalakan lagi Personal Hotspot.
    Cara Mengubah iPhone Menjadi Modem PC via Kabel
  3. Ketika menyalakan Personal Hotspot, kamu akan melihat notifikasi untuk mengaktifkan personal hotspot ke USB. Pilih USB.
    Cara Mengubah iPhone Menjadi Modem PC via Kabel
  4. Tunggu hingga ikon Personal Hotspot muncul di iPhone.
  5. Setelah muncul, coba kamu tes untuk mengakses internet di laptop atau PC.
    Cara Mengubah iPhone Menjadi Modem PC via Kabel
  6. Jika berhasil, maka kamu sudah berhasil mengubah iPhone menjadi modem via kabel USB.
  7. Ketika kamu cek di setting Wifi pada laptop / PC, kamu tidak akan menemukan iPhone kamu.

Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saya pribadi lebih suka menggunakan koneksi kabel seperti ini. Berbagi internet via kabel USB seperti ini jelas lebih kecil risiko kehabisan baterai iPhone.

Selain itu, koneksi kabel juga menawarkan sambungan internet yang lebih stabil daripada sambungan nirkabel via Wifi. Namun jika kamu mau menggunakan tethering via Wifi, ya sah-sah saja hehehe 😀

Bagaimana? Sudah berhasil merubah iPhone menjadi modem kabel USB?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow Twitter kita

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong