Home iPad Cara Membuat Aplikasi BBM Tidak Boros Baterai

Cara Membuat Aplikasi BBM Tidak Boros Baterai

Cara Agar Aplikasi BBM Tidak Boros Baterai dan RAM

Meskipun pasar aplikasi chatting BBM (Blackberry Messenger) ini sudah semakin ditinggalkan, namun nyatanya BBM ini masih sangat populer di Indonesia. Tidak heran jika pada akhirnya Blackberry melakukan kerja sama dengan Emtek Group terkait perjanjian lisensi dan hak kekayaan intelektual untuk aplikasi BBM ini.

Aplikasi BBM di iPhone, iPad, dan Android selalu dianggap menjadi penyebab baterai dan memori RAM menjadi boros. Akibatnya, baterai menjadi lebih cepat habis, suhu perangkat smartphone menjadi lebih panas, dan juga kinerja smartphone menjadi lebih lambat. Apakah benar demikian?

Mungkin saja. Seperti yang kita ketahui, BBM menggunakan banyak background activity yang berjalan di latar belakang seperti lokasi atau GPS, refresh feed, dan lain sebagainya. Kebutuhan aplikasi akan internet juga menjadi penyebab mengapa aplikasi BBM menyebabkan baterai menjadi boros dan cepat habis.

Namun dengan tutorial berikut ini, kamu bisa membuat aplikasi BBM menjadi lebih hemat baterai dan juga memori RAM sehingga baterai tidak cepat habis sekaligus tidak membuat smartphone lambat.

  1. Coba buka Store untuk melihat apakah ada update aplikasi BBM yang lebih baru. Jika ada versi terbaru BBM, segera install.
  2. Pastikan kamu menggunakan versi sistem operasi terbaru di smartphone atau tablet kamu. Cek apakah BBM masih boros baterai?
  3. Matikan fitur lokasi atau GPS di aplikasi Blackberry. Untuk yang menggunakan BBM di iPhone dan iPad, masuk ke menu Settings – Privacy – Location Service. Jika kamu melihat aplikasi BBM masih memiliki akses lokasi atau GPS, matikan saja.
    Cara Agar Aplikasi BBM Tidak Boros Baterai dan RAM
  4. Matikan aktivitas background. Untuk pengguna BBM di iPhone dan iPad, masuk ke Setting – General – Background App Refresh lalu matikan fitur tersebut untuk aplikasi BBM.
    Cara Agar Aplikasi BBM Tidak Boros Baterai dan RAM
  5. Jika kamu masih merasa baterai smartphone kamu masih boros, coba hapus aplikasi BBM. Dengan menghapus dan uninstall aplikasi BBM, artinya semua aktivitas BBM akan benar-benar menghilang dari smartphone kamu.
    Cara Agar Aplikasi BBM Tidak Boros Baterai dan RAM

Tips tersebut adalah versi standar dari cara menghemat penggunaan baterai dan juga resource sistem pada aplikasi BBM. Seharusnya sekarang ini aplikasi BBM sudah lebih hemat dan tidak boros lagi. Begitu juga dengan memori RAM karena proses activity background sudah dimatikan.

Menghapus aplikasi BBM juga langkah terakhir dan pastinya manjur. Jika masih tidak bisa, kamu bisa install ulang smartphone kamu. Untuk pengguna iPhone dan iPad, kamu bisa melakukan restore iOS seperti cara berikut ini. Baca: Cara Restore iPhone dan iPad dengan iTunes.

Bagaimana? Sudah coba? Apakah berhasil?

Share pengalamanmu di kolom komentar ya 😀