Home iPhone Apakah iPhone 16GB Sudah Cukup atau Masih Kurang?

Apakah iPhone 16GB Sudah Cukup atau Masih Kurang?

Apakah iPhone 16GB Sudah Cukup atau Masih Kurang?

Bisa membeli iPhone murah adalah impian banyak orang. Namun dengan harga murah tersebut pasti ada saja yang harus dikorbankan. Salah satunya adalah kapasitas memori penyimpanan minim atau storage yang kecil.

iPhone paling murah saat ini adalah iPhone dengan memori 16 GB. Jelas ukuran 16GB ini terlalu kecil dan tidak cukup besar untuk ukuran smartphone saat ini. Apakah storage 16GB itu sudah cukup atau masih kurang banyak?

Saya juga menggunakan iPhone 16GB lebih dari satu tahun. Suka duka iPhone 16GB pasti ada. Mau dibilang kurang ya pasti kurang, mau dibilang sudah cukup ya dibuat hemat dan dicukup-cukupkan saja hehehe….

 

Simpan Banyak Musik atau Lagu di iPhone

Bagaimana rasanya menyimpan musik atau lagu di iPhone 16GB? Sudah cukup? Masih kurang? Tergantung kamu juga ya apakah suka menyimpan banyak musik atau tidak. Meskipun harus diakui, menghemat dan memaksimalkan storage 16GB di iPhone itu cukup menantang.

Jika kamu adalah pengguna layanan Apple Music, ada kemungkinan kamu akan cukup menderita dengan storage 16GB. Bagaimana tidak, musik yang kamu download dari Apple Music ukurannya selalu besar dan bisa saja lebih dari 10MB untuk setiap satu judul trek lagu.

Mungkin akan sedikit berbeda jika kamu menggunakan layanan musik pihak ketiga yang memiliki kemampuan untuk menyimpan musik berkualitas lebih rendah. Dengan kualitas yang dikurangi, jelas size atau ukuran setiap musik akan lebih kecil dan bisa membuat storage iPhone 16GB lebih hemat.

 

Simpan Banyak Video, Movie, atau Film

Jika kamu hobi menonton film atau movie yang kamu beli dari iTunes, jelas saja 16GB sangat tidak cukup. Apalagi jika yang kamu tonton adalah film dengan resolusi HD. Resolusi HD jelas memberikan kualitas video terbaik untuk iPhone, namun membutuhkan banyak sekali storage.

Satu film atau movie dengan resolusi HD bisa mencapai 4.5 GB. Itu berarti kamu hanya bisa menyimpan 2 hingga 3 film saja, dengan catatan kamu tidak install game atau aplikasi lain dan tidak menyimpan file lain selain file film atau movie tersebut.

 

Install Banyak Aplikasi dan Game iOS

Aplikasi iOS memiliki size yang sangat besar. Itu berarti kamu harus menyediakan lebih banyak memori kosong untuk bisa mengisi iPhone 16GB kamu dengan beragam aplikasi yang bermanfaat. FYI saja, aplikasi Facebook bisa mencapai 300MB loh 🙁

Apalagi jika kamu suka banget main game. Ya, bermain game di iOS memang menyenangkan karena perangkat iPhone dan iPad bekerja dengan sangat baik. Namun tetap saja ukuran memori yang dibutuhkan sangat besar. Bisa lebih dari 2GB untuk sebuah game dengan gratis kualitas tinggi.

Jadi, kalau mau dibilang cukup atau tidak, ya tergantung kamu masing-masing ya. Buat yang suka mendengarkan musik tapi mau hemat storage, putar musik dengan online streaming saja. Yang suka menonton film, mending di laptop atau komputer saja.

Buat yang mau main game, main di konsol game saja yang jelas-jelas dirancang untuk main game.

Bagaimana menurutmu? Meskipun harganya murah, apakah 16GB cukup apa masih kurang? Share pengalaman kamu ya 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong