Home Mac Rapikan Menubar dan Menulets Mac dengan Bartender

Rapikan Menubar dan Menulets Mac dengan Bartender

Rapikan Menubar dan Menulets Mac dengan Bartender

Kamu baru pakai Mac atau MacBook dengan sistem operasi OS X atau macOS atau sudah menjadi salah satu pengguna Mac senior?

Mungkin kamu merasa bahwa menubar tidak cukup besar untuk menampilkan informasi dan menulets secara bersamaan, sehingga menubar dan menulets selalu tampak berantakan dan tidak rapi.

Sekedar informasi, Mac OS X dan macOS hanya memiliki satu menubar yang dipakai oleh semua aplikasi dan software Mac.

Jadi menubar Mac harus berbagi dengan banyak sekali aplikasi. ditambah lagi dengan keberadaan menulets di sisi kanan menubar membuat menubar menjadi sesak dan terlihat ramai.

Setiap aplikasi biasanya akan menampilkan ikon di menubar di sisi kanan, atau dalam kamus Apple diberi nama menulets atau juga disebut menu extras. Jumlah menulets di menubar selalu berubah sesuai dengan jumlah aplikasi yang terbuka.

Rapikan Menubar dan Menulets Mac dengan Bartender

Berhubung menulets berada dengan menubar dan berbagi tempat dengan beragam fungsi dan menu dari setiap aplikasi, maka menubar yang hanya selebar layar tidak akan cukup untuk menampilkan semua menulets dan pilihan menu.

Jika kamu membiarkan hal ini, menubar akan menjadi berantakan dan tidak rapi. Bahkan jika daftar menu dari sebuah aplikasi terlalu banyak sementara menulets juga banyak, maka menulets harus mengalah dan akhirnya tertutup oleh deretan menu dari aplikasi.

 

Cara Agar Menubar dan Menulets Rapi dengan Bartender 2

Namun jangan khawatir. Kamu masih bisa merapikan deretan menubar dan menulets tersebut sehingga terlihat lebih enak dan sedap dipandang mata. Caranya adalah dengan aplikasi  ringan yang bernama Bartender.

Aplikasi ini bisa kamu download gratis di situs Bartender. Versi terbaru saat ini adalah Bartender 2. Setelah kamu install, kamu akan diberi waktu ujicoba gratis selama 30 hari.

Rapikan Menubar dan Menulets Mac dengan Bartender

Ketika kamu membuka preferensi aplikasi, kamu langsung dihadapkan pada pilihan untuk memilih menulets atau menu extras apa saja yang akan kamu rapikan.

Rapikan Menubar dan Menulets Mac dengan Bartender

Tadaaa…, Menubar Mac akan menjadi lebih rapi dan tidak berantakan. Semua menulets yang kamu pilih tadi akan diletakkan di tempat khusus. Itulah fungsi dari aplikasi Bartender. Memindahkan semua menulets yang kamu pilih ke tempat baru atau ke bar yang baru agar tidak berantakan.

Tenang, aplikasi Bartender ini tidak memberatkan sistem kok. Penggunaan memori RAM tidak ada masalah yang berarti. Apliaksi kecil dan ringan namun sangat bermanfaat kan 😀

Bagaimana? Sudah coba Bartender 2?

Download – Bartender

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong