Home Tutorial Alternatif Secure Empty Trash di OS X El Capitan

Alternatif Secure Empty Trash di OS X El Capitan

image_w_b000

Semenjak dirisilnya OS X El Capitan tahun lalu, banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Apple dalam versi OS X El Capitan. Terlepas dari semua fitur dan optimisasi yang ada di El Capitan, tentunya mungkin ada saja fitur yg tidak disertakan kembali pada  build OS X terbaru tersebut, salah satunya adalah di hilangkannya fitur Secure Empty Trash yang ada di OS X sebelumnya.

Secure Empty Trash berguna untuk menghapus secara permanan data yang ada di dalam Trash, sehingga data yang sudah terhapus tersebut tidak di mungkinkan lagi untuk dipulihkan. sehingga cukup bagus di gunakan untuk menghapus data-data yang sensitif.

Berikut ini adalah penjelasan mengapa Secure Empty Trash tidak di sertakan lagi di OS X El Capitan sesuai dengan Penjelasan Apple

image_w_b001

Untuk itu, saya akan berbagi alternatif pengganti Secure Empty Trash yang bisa di gunakan di El Capitan, caranya sobat bisa menggunakan command srm , dimana srm ini merupakan default Secure Delete versi command line yang ada di OS X  dan Linux.

srm sendiri akan melakukan 35-pass delete, yang artinya akan menghapus sebuah file data sebanyak 35 kali, metode 35-pass adalah metode yang paling efektif untuk menghapus file atau data, sehingga file yang sudah di hapus dengan menggunakan metode ini tidak dimungkinkan lagi untuk di pulihkan. Ada juga opsi lain selain 35-pass, yaitu srm -m dengan metode 7-pass yang sesuai dengan standart yg di gunakan Departement Pertahanan US.

 

Cara panggunaan Alternatif Secure Empty Trash di OS X El Capitan 35-pass method

Buka Terminal, dan ketikkan srm -rfv ~/.Trash/* dan hit “return”

 

Cara panggunaan Alternatif Secure Empty Trash di OS X El Capitan 7-pass method

Buka Terminal, dan ketikkan srm -rfv -m ~/.Trash/* dan hit “return”

 

Penjelasan : opsi r adalah untuk menghapus folder yang ada di Trash, opsi f adalah untuk force/ignore file dan atau kesalahan yang mungkin muncul selama proses, opsi v adalah untuk menampilkan apa yang sedang di hapus atau apa yang sedang di lakukan dalam proses tersebut, dan -m adalah metode 7-pass.

 

Alternatif Secure Empty Trash dengan bantuan alias .bash_profile

Untuk lebih memudahkan dan bagi sobat MacPoin yang males menghapal command di atas, sobat bisa menggunakan alias bash_profile untuk melakukan  proses di atas, kita akan membuat “alias/shortcut” untuk kedua command srm di atas untuk 35-pass method dan 7-pass method.

Caranya buka Terminal dan ketik sudo nano ~/.bash_profile , dan masukkan password user sobat

ketikkan

alias Hapus-35=’srm -rfv ~/.Trash/*’

alias Hapus-7=’srm -rfv -m ~/.Trash/*’

setelah itu hit control + x lalu control + y dan hit “return”

image_w_b004

lalu ketik source ~/.bash_profile dan hit “return”

cara penggunaannya, sobat cukup buka Terminal dan ketikkan aliasnya saja, misal ketikkan Hapus-35 dan hit “return”. Hapus-35 dan Hapus-7 bisa sobat ganti dengan penamaan sobat sendiri agar mudah sobat ingat.

image_w_b005

 

Alternatif Secure Empty Trash dengan GUI Aplikasi Apple Script

Selanjutnya tidak cukup sampe di situ sobat, bagi sobat MacPoin yang Creppy dengan Terminal, sobat bisa menggunakan aplikasi Apple Script sederhana yang telah saya buat sebelumnya untuk membantu mempermudah proses Secure Empty Trash di OS X El Capitan

image_w_b006

Aplikasi Apple Script secerhana di atas akan menghapus data (file, folder, hidden file) yang ada di dalam forder Trash sobat MacPoin dengan menggunakan 35-pass method. berikut ini merukapan isi Script dari Apliakasi Apple Script sederhana tersebut :

image_w_b007

cara penggunaannya cukup mudah, sobat bisa unduh aplikasinya di SINI, lalu extrak dan salin file aplikasi ke folder /Aplikasi sobat

Untuk mengaksesnya sobat bisa menggunakan “Spotlight” atau “Launchpad”, dan klik icon aplikasinya, maka akan muncul dialog awal, cukup klik tombol “Secure Empty trash Now” dan proses penghapusan akan di mulai. Prosesnya mungkin saja bisa lama tergantung jumlah file dan besarnya setiap file yang ada dalam folder Trash sobat.

Aplikasi akan minimize selama proses penghapusan, dan bila proses penghapusan sudah selesai, aplikasi ini akan memberikan pemberitahuan melalui notifikasi center OS X bahwa proses Secure Empty Trash telah selesai di lakukan.

image_w_b008

Demikian share dari saya mengenai Alternatif Secure Empty Trash yang bisa di lakukan di OS X El Capitan, semoga dapat bermanfaat bagi sobat MacPoin. Terima kasih.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Deal with it !