Home Editorial Apakah Surface Book Selalu Kalah Dengan MacBook?

Apakah Surface Book Selalu Kalah Dengan MacBook?

Apakah Surface Selalu Kalah Dengan MacBook?

Mungkin kita semua bertanya mengenai produk laptop atau komputer portabel unggulan Apple dengan MacBook Pro, dan Microsoft dengan Surface Book. Kedua produk ini memang menawarkan sesuatu yang unik namun tetap menyasar kelas yang sama, yaitu pengguna laptop kelas atas atau komputer portabel berteknologi tinggi.

Nah karena menyasar di kelas yang sama, tentu saja banyak sekali opini yang berkembang. Salah satu yang populer adalah siapa yang lebih baik MacBook atau Surface Book? Mengenai siapa yang menang atau lebih baik ini jelas tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Lebih baik di satu sisi bukan berarti lebih baik pula di sisi lain.

Menurut kamu, antara MacBook Pro dan Surface Book siapa yang lebih baik atau yang lebih bagus? Siapa yang lebih pantas menang?

Fitur dan Teknologi Surface Lebih Bagus

MacBook Pro adalah produk lini komputer portabel atau laptop keluaran Apple. Sebagai produk buatan Apple, tentu saja MacBook Pro mewarisi beragam sifat dan karakteristik produk Apple lainnya. Salah satu yang mungkin membuat pengguna jengkel dan tidak suka adalah minimnya port.

Apalagi dengan dirilisnya MacBook Pro 2016 terbaru, model MacBook Pro tanpa Touch Bar hadir dengan HANYA dua port Thunderbolt 3 saja. Jelas itu bukan jumlah yang cukup. Apalagi penggunaan port Thunderbolt 3 atau USB-C masih sangat minim di Indonesia.

Apple secara tegas tidak akan membuat MacBook dengan layar sentuh alias touchscreen. Itu artinya tidak akan pernah ada produk MacBook atau komputer iMac lain dengan layar sentuh. Apple memberikan inovasi lain berupa Touch Bar di MacBook Pro terbaru.

Ya, berbeda dengan MacBook Pro yang sering sekali dikritik karena kurang inovasi dan juga sering mengorbankan sesuatu, Surface hampir selalu menuai pujian di setiap kali diperkenalkan. Contoh saja Surface Book yang merupakan laptop pertama Microsoft tetap bisa digunakan seperti layaknya tablet dengan layar sentuh dan sistem operasi Windows 10 Pro 64 bit.

Surface Book memiliki berat yang cukup ringan, dimensi yang ringkas, memiliki fitur yang lebih inovatif, menyediakan port yang lebih banyak, dan lain sebagainya. Microsoft juga baru-baru ini memperkenalkan lini produk Surface baru, yaitu Surface Studio. Ya, produk Surface Studio juga menuai banyak sekali pujian sebagai produk yang sangat inovatif. Namun apakah semua itu membuktikan Surface lebih baik dan lebih bagus?

Penjualan MacBook Lebih Baik dari Surface

Meskipun secara teori semua produk Surface memang inovatif dan keren, namun untuk urusan penjualan fakta berbicara lain. Ya, Apple selalu memiliki rekor penjualan yang lebih baik dan lebih tinggi dibandingkan dengan produk Surface, atau bahkan produk laptop apapun di dunia.

Fakta terbaru adalah dari artikel sebelumnya (Baca: Penjualan Tinggi MacBook Pro Luar Biasa Dalam Lima Hari) menyebutkan bahwa penjualan MacBook Pro dalam 5 hari mampu mengalahkan Surface Book yang dijual sejak 26 Oktober 2015 lalu. Bahkan MacBook 12 inch yang punya performa biasa dan hanya punya satu port saja berhasil mengalahkan Surface book. Bagaimana ini bisa terjadi?

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali sindiran kepada produk Apple, termasuk juga pasti MacBook. Microsoft sudah melakukan kampanye dan promosi penjualan yang sangat gencar, namun ketika berbicara mengenali kesuksesan produk dalam hal penjualan, Apple selalu lebih unggul dari Microsoft.

Untuk lini komputer desktop, Apple memang belum memberikan inovasi baru di lini iMac sedangkan saat ini Microsoft sudah mulai melakukan inovasi dengan memperkenalkan Surface Studio. Jika Apple sudah merilis iMac terbaru yang (mungkin) kaya akan inovasi, apakah Surface Studio yang sudah menang start lebih dulu akan kalah?

Bagaimana menurutmu? Apakah produk Microsoft masih belum bisa mengalahkan produk Apple?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong