Home Editorial 4 Alasan Kenapa Memilih Mac OS X

4 Alasan Kenapa Memilih Mac OS X

Keunggulan OS X: 4 Alasan Kenapa Memilih Mac OS X

Tidak bisa dipungkiri bahwa Windows merupakan sistem operasi paling populer saat ini. Selain karena software yang lengkap, harga device yang lebih terjangkau, serta pilihan brand bervariasi dalam berbagai tingkatan harga, kebanyakan pengguna juga lebih familiar dengan Windows karena OS ini menjadi pilihan sebagian besar sekolah, kampus, dan institusi pendidikan / perkantoran lainnya.

Namun diantara hiruk pikuk tersebut, ada Mac OS X yang secara market share dan popularitas memang masih kalah jauh dibandingkan Windows. Tetapi jangan berpaling muka dulu, karena mungkin saja Mac OS X adalah OS yang tepat untuk menemani aktivitas kamu.

Lalu kenapa memilih Mac OS X? Berikut ini adalah 4 alasan yang membuat Mac OS X layak untuk dipilih

Minim Virus (Lebih Secure)

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa orang memilih OS X karena tidak bisa kena virus. Itu salah. Semua OS bisa kena virus, dan tidak menutup kemungkinan memiliki vulnerable. Tetapi OS X memang lebih minim virus dan lebih minim serangan eksploit.

Hal ini tidak lepas dari market share nya yang memang hanya sekitar 10% saja, dan secara logika attacker ketika membuat virus atau serangan eksploit pasti lebih memilih platform yang userbase nya besar, yaitu Windows.

Penyebab lainnya juga dikarenakan nature OS X yang rutin meminta password saat ingin merubah file system. Apalagi sejak di OS X El Capitan Apple memperkenalkan fitur System Integrity Protection (SIP) dengan konsep “rootless” yang semakin mempersulit malware untuk mengubah daleman sistem.

Berbagai hal tersebut membuat Mac OS X lebih secure untuk digunakan dan lebih minim dari serangan virus / malware.

 

Simple

Ngomongin seputar desain, Apple selalu mendesain berbagai produknya dengan simple. Tak terkecuali OS X. Di setiap upgrade yang dirilis tidak ada begitu banyak perubahan radikal yang membuat kamu sampai kehilangan user experience dari versi yang sebelumnya.

Posisi dock, menu, navigasi, dan experience secara global masih tetap dipertahankan, membuat kamu tidak perlu berpusing-pusing lagi mempelajari OS tersebut dari awal.

Bagi kamu yang baru beralih dari Windows, mungkin posisi menu, navigasi, dan berbagai hal di OS X terlihat membingungkan pada awalnya. Tetapi tidak lama setelah menggunakannya kamu pasti bakal langsung nyaman dengannya, karena semuanya dibuat simple sedemikian rupa.

Bagi kamu yang menggunakan Apple Device lainnya, misalnya saja iPhone, iPad, ataupun iPod, beberapa experience OS X juga bisa kamu temui di iOS. Kedua platform tersebut bisa berinteraksi dan tersinkronisasi dengan baik.

 

Tidak Ada Bloatware

Jika kamu membeli laptop dengan Windows OEM, mungkin kamu akan mendapati beberapa bloatware seperti antivirus trial, Office trial, atau software lainnya yang sebenarnya tidak kamu butuhkan tetapi disertakan disana. Memang kamu bisa menguninstallnya sesaat setelah kamu membelinya, tetapi kamu tidak akan menemukan bloatware semacam itu di Mac OS X.

Ketika membeli Mac Device, entah itu Mac Pro, MacBook Pro, MacBook Air, ataupun iMac, didalamnya kamu hanya akan mendapati OS X dengan berbagai pre-installed software yang fungsional. Tidak ada trialware, shareware, ataupun bloatware lainnya.

 

Free Upgrade

Sejak perilisan OS X Mavericks, Apple telah memutuskan untuk menggratiskan upgrade OS X, sehingga kamu bisa melakukan upgrade Mac OS X secara cuma-cuma setiap kali ada versi baru yang dirilis.

 

Tetapi….

Namun demikian meskipun memiliki banyak kelebihan, ada satu hal yang seringkali menjadi penghalang bagi banyak pengguna untuk memilih OS X, yaitu harga Mac device yang mahal, jauh diatas dari rata-rata harga laptop / PC kebanyakan.

Tetapi jika kamu memang mampu mengcover biaya untuk menebus Mac device, maka MacPoin berani bilang bahwa biaya yang kamu keluarkan bakal worth dengan kualitas dan experience yang kamu dapatkan.

 

Itulah 4 alasan yang membuat Mac OS X layak untuk dipilih dan dipertimbangkan versi MacPoin.

Apakah kamu memiliki tambahan alasan lainnya? Bagikan pendapat kamu disini.

  Mengganti Baterai MacBook Pro Sendiri  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.