Home Tutorial Apa Persamaan Ctrl+Alt+Del Windows di Mac OS X?

Apa Persamaan Ctrl+Alt+Del Windows di Mac OS X?

Apa Persamaan Ctrl+Alt+Del Windows di Mac OS X?

Ketika orang terbiasa menggunakan Windows dan harus berganti menggunakan Mac OS X, mereka mungkin akan segera mencari Task Manager atau segera mereka mencoba Ctrl+Alt+Del. Kenyatannya Mac OS X tidak akan melakukan apa-apa. Mac OS X memiliki Task Manager versi tersendiri, tapi sedikit berbeda dengan Windows.

Jika Task Manager di Windows berisi berbagai informasi dan fitur, OS X membagi beberapa fitur tersebut menjadi aplikasi yang terpisah. Force Quit akan keluar ketika kamu menekan Command+Option+Esc, aplikasi ini memiliki fungsi seperti Task Manager. Tapi kalau kamu ingin mendapatkan informasi yang detail mengenai system resource usage, ada namanya aplikasi Activity Monitor.

 

Force Quit vs. Task Manager = Command+Option+Esc vs. Ctrl+Alt+Del

Jika ada aplikasi yang freeze di Mac, kamu bisa menggunakan Force Quite untuk mengeluarkan aplikasi itu. Ini sangat berguna ketika kamu sedang menjalanan aplikasi full screen seperti game.

Untuk membuka Force Quit, tekan Command+Option+Esc. Tool ini akan sangat berguna ketika apikasi yang kamu buka secara full screen tidak merespon keyboard dan mouse. Kalau cara ini masih belum berhasil, tekan tombol Power untuk beberapa detik. Tapi kamu tidak harus melakukan ini kalau Mac bisa dishutdown dengan cara normal.

Faktanya walaupun Command+Option+Esc berbeda dengan Ctrl+Alt+Del di Windows, tapi sebenarnya masih sama karena di Windows shortcut Ctrl+Shift+Esc juga bisa membuka Task Manager.

Kamu juga bisa membuka Force Quite dengan menekan menu Apple di menu bar dan pilih Force Quit.

Apa Persamaan Ctrl+Alt+Del Windows di Mac OS X?

Ada cara lain juga, kamu bisa menahan tombol Option dan Ctrl kemudian klik icon aplikasi di dock yang ingin kamu Force Quit.

 

Melihat Resource Usage dengan Activity Monitor

Kalau Force Quit dibuat untuk mengeluarkan aplikasi yang freeze, Activity Monitor akan menyediaan semua informasi dari proses aplikasi yang sedang berjalan. Untuk mengakses tools ini, kamu hanya perlu menekan Command+Space untuk membuka Spotlight search, ketikkan Activity Monitor dan tekan Enter.

Apa Persamaan Ctrl+Alt+Del Windows di Mac OS X?

Kamu akan melihat daftar aplikasi yang berjalan dan proses lainnya. Kamu bisa mendapatkan informasi penggunaan CPU, memory, energy, disk dan network usage. Jadi semua statistik system resource akan muncul disini.

Kamu bisa menutup aplikasi dari sini juga, caranya dengan memilih aplikasi yang ingin kamu tutup dan klik tombol X di pojok kiri atas toolbar, dan pilih Quit atau jika tidak berhasil gunakan Force Quit.

 

Lalu Dimana Pengaturan Startup Program??

Jika di Windows 8 atau Windows 10 Startup Program dapat diatur di Task manager, OS X juga punya tapi tidak di Force Quit atau Activiry Monitor. Untuk mengatur Startup Program di Mac, kamu harus pergi ke System Preferences dan Utility klik Users & Groups.

Apa Persamaan Ctrl+Alt+Del Windows di Mac OS X?

Kemudian pilih user account yang ingin kamu atur Startup Programnya. Setelah itu klik menu Login Items, dari sini kamu akan melihat daftar aplikasi yang langsung aktif setelah kamu login. Jika kamu tidak ingin aplikasi langsung aktif ketika kamu login, hilangkan centang pada aplikasi tersebut.

 

Kalau kamu mengalami masalah di Mac OS X, hilangkan kebiasan menggunakan shortcut Ctrl+Alt+Del dan gunakan Command+Option+Esc yang akan membawa kamu ke Force Quit. Selain itu jika Mac OS X terasa berat, gunakan Activity Monitor untuk memeriksa aplikasi yang banyak memakan resource memory atau CPU.

  Mengganti Baterai MacBook Pro Sendiri  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.