Home Tutorial Fitur iCloud di iOS yang Harus Kamu Ketahui

Fitur iCloud di iOS yang Harus Kamu Ketahui

Fitur iCloud di iOS yang Harus Kamu Ketahui

Punya perangkat Apple? Pasti hal pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa menggunakan iPhone, iPad, atau iPod kamu adalah masuk ke akun iCloud. iCloud itu ibaratkan sebuah fitur fundamental yang harus kita punya jika ingin menggunakan perangkat iOS lebih jauh. Jika kamu tidak punya akun iCloud sebelumnya, tenang saja karena perangkat iOS kamu akan mendaftarkannya untuk kamu.

Untuk bisa menggunakan fitur iCloud di iOS, kita bisa menggunakan akun email bebas terlebih dahulu untuk didaftarkan sebagai akun iCloud. Nantinya kita akan ditawari untuk mendaftarkan akun email @icloud.com yang bisa digunakan untuk login iCloud dan menggunakan email iCloud juga. Namun, apakah kamu tahu apa saja fitur yang ditawarkan bila kita punya akun iCloud di perangkat iOS kita?

Musik, Film, Acara TV, Buku, dan Aplikasi

Pernah beli Musik, Film, Acara TV, Buku, atau Aplikasi di iTunes dan App Store? Membeli atau mengunduh konten di iTunes dan App Store tentu butuh akun Apple ID namun riwayat pembelian tersebut akan disimpan dan dimasukkan ke iCloud.

Fitur iCloud di iOS yang Harus Kamu Ketahui

Dengan demikian, misal kita punya iPhone dan membeli sebuah aplikasi berbayar, lalu kita memasukkan akun iCloud di perangkat lain misal iPad, maka kita tidak perlu lagi membeli aplikasi tersebut, karena riwayat pembelian sudah tersimpan di iCLoud.

Foto

Dengan iCloud, kita bisa mengaktifkan album perpustakaan foto iCloud yang berfungsi untuk menyimpan semua koleksi foto kita yang kita ambil dengan kamera iPhone, iPad, atau iPod. Dengan demikian, kita akan punya salinan foto untuk setiap foto yang ada di perangkat kita sehingga kita bisa mengakses semua foto di semua perangkat yang kita tautkan akun iCloud kita.

Fitur iCloud di iOS yang Harus Kamu Ketahui

Demikian pula saat kita menghapus sebuah foto di perpustakaan foto iCloud. Foto juga akan terhapus di semua perangkat. Sangat nyaman kan, bila misal kita memotret foto liburan kita di Bali dengan iPhone lalu pulang tinggal buka Macbook Air dan semua foto kita sudah ada di sana?

Family Sharing

Dengan family sharing, kita bisa berbagi dengan hingga enam akun yang terdaftar sebagai akun keluarga. Hal hal yang bisa kita bagi antar anggota keluarga adalah riwayat pembelian iTunes, App Store, dan iBook Store. Bahkan langganan Apple Music juga bisa berbagi antar keluarga.

Fitur iCloud di iOS yang Harus Kamu Ketahui

Bila kita mendaftarkan dua hingga enam akun keluarga, maka akan ada satu akun yang akan menjadi akun orang tua. Akun inilah yang akan mengontrol pembelian dari semua akun yang terdaftar dalam layanan family sharing.

iCloud Drive

iCloud Drive tentu saja menjadi fitur yang paling terkenal diantara semua fitur iCloud. Memang, sejak awal iCloud memang menjadi fitur andalan Apple dalam menghadapi peperangan layanan awan atau cloud seperti SkyDrive (sekarang OneDrive) dan Google Drive. Sekarang pun juga demikian.

Fitur iCloud di iOS yang Harus Kamu Ketahui

Mendaftar iCloud tanpa perangkat iOS atau Mac, pengguna hanya mendapatkan akses 1 GB saja. Sedangkan bila mendaftar ke iCloud dengan perangkat iOS atau Mac, maka akan mendapatkan akses 5 GB gratis. Secara kapasitas, mungkin sangat kurang, namun iCloud secara umum (katanya) lebih aman

Kontak dan Mail

Dengan iCloud, kita juga akan punya penyimpanan kontak, layanan surat elektronik alias email, hingga kalender. Dengan menyimpan semua kontak di iCloud, kita tidak perlu lagi memasukkan semua kontak di perangkat Apple lainnya. Cukup akses iCloud dari aplikasi kontak dan semua kontak akan bisa diakses di perangkat tersebut. Layanan iCloud juga memungkinkan kita untuk menggunakan layanan email iCloud. Layanan email ini eksklusif untuk para pengguna produk Apple. Jadi, kita sebagai pengguna produk Apple akan diberi email eksklusif ini yang tidak bisa didapatkan di perangkat lainnya.

Kalender, Catatan, hingga Safari

Dengan iCloud, kita bisa berbagi banyak hal. Mulai dari jadwal di kalender, berbagi catatan di Notes, hingga berbagi konten, riwayat, daftar bacaan di Safari. Bikin janji temu di iPod? Bisa kok dibuka di Macbook. Bikin catatan di iPhone? Bisa kok dibuka di iPad. Mau melanjutkan browsing dari iMac tadi? Bisa kok dibuka di iPod. Semua begitu terintegrasi dan tersinkronisasi.

Cadangan

Punya iPhone lama dan mau beli iPhone baru yang lebih keren (dan lebih mahal)? Kamu tidak perlu kehilangan semua pengaturan seperti password, tema wallpaper, ringtone, riwayat pembelian iTunes dan App Store, hingga koleksi foto iCloud.

Fitur iCloud di iOS yang Harus Kamu Ketahui

Cukup masuk ke akun iCloud yang sama, maka semua akan masuk ke iPhonemu yang baru. Begitu juga dengan perangkat iPod, iPad, dan Mac. Semua pencadangan akan disinkronkan ke perangkat lainnya.

Oke. Mungkin masih ada beberapa fitur di iCloud yang masih belum dibahas. Namun lebih baik dibahas di tulisan selanjutnya. Bagaimana? Sudahkah kamu menggunakan semua fitur di iCloud?

  Mengganti Baterai MacBook Pro Sendiri  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode