Home Tutorial Cara Membuat File Baru “.txt” dengan Cepat di Finder Mac

Cara Membuat File Baru “.txt” dengan Cepat di Finder Mac

gambar_w_01

Halo sobat MacPoin! Sebagai Mac user, kita semua tau bahwa Finder adalah aplikasi default pengolah berkas milik OS X, sama halnya seperti File Exploler di Windows. Finder menyediakan dan memudahkan kita dalam mengelola semua berkas dan data yang ada di Mac kita.

Bagi para pengguna Windows, mungkin kamu sudah familiar dan terbiasa dengan dimudahkannya membuat file kosong baru “.txt” melalui Windows Exploler. Kelihatannya fitur ini “sepele”, namun bagi sebagian orang, termasuk saya, fitur ini sangat dibutuhkan dan sangat membantu dalam efisiensi dan produktifitas kerja.

Misalkan saja kamu ingin membuat catatan penting dalam suatu folder, kamu cukup klik kanan > new file dan booooom!, seketika “file text” baru tercipta dalam folder tersebut. Sangat mudah.

Namun hal seperti di atas tidak saya temukan dalam aplikasi Finder bawaan OS X. Jangan tanya kenapa, saya pun tak tahu, sangat di sayangkan kenapa fitur sekecil ini tidak di masukkan dalam fitur basic dari Finder.

Untuk itu kali ini saya akan berbagi tips cara membuat file “.txt” baru di Finder. Tentunya dengan menggunakan dan mengoptimalkan aplikasi penunjang bawaan yang sudah di sediakan oleh OS X itu sendiri, yaitu dengan bantuan Apple Script Editor.

Yup, saya telah membuat aplikasi script sederhana dimana aplikasi script yang saya buat ini dalam penggunaannya akan disematkan kedalam toolbar di Finder, sehingga memudahkan dalam membuat file baru “.txt”.

Jangan heran sobat MacPoin, saya bukan programmer, cuman seorang “script kiddie” yang selalu penasaran dengan hal-hal  baru. Jadi aplikasi sricpt sederhana ini sebenarnya adalah hasil percobaan saya dengan mengkolaborasikan beberapa aplikasi Apple script yg selama ini saya pelajari di internet.

gambar_w_02

Cara penggunaannya sangat mudah sobat, cukup klik icon aplikasi ini yang berada di toolbar Finder, maka selanjutnya akan muncul dialog untuk mengisikan nama file yang akan kita buat. Setelah itu, sobat tinggal klik tombol “Create”, maka seketika file baru “.txt” tersebut akan muncul di folder tersebut.

Tidak hanya sampe di situ, aplikasi script sederhana ini akan langsung membuka file baru “.txt” yang telah dibuat sebelumnya dengan editor text default di OS X, sehingga kamu bisa langsung mengedit isi file tersebut. Simple kan?

Berikut ini merupakan isi script dari aplikasi script sederhana yang telah saya buat di atas, tentunya sobat bisa  juga mengembangkan lagi aplikasi script sederhana ini sesuai dengan keinginan sobat.

gambar_w_03

Nah…untuk sobat MacPoin yang penasaran dan membutuhkan aplikasi script sederhana ini bisa langsung download disini.

Cara pemasangannya mudah, cukup extrak file unduhannya, pindahkan aplikasinya ke dalam folder /Aplikasi. Dan untuk menyematkan dalam toolbar di Finder, sobat cukup tahan Command “⌘”  sambil seret aplikasi tersebut ke dalam toolbar Finder.

gambar_w_04

Untuk mengedit aplikasi ini, sobat cukup melakukan “klik kanan” pada file aplikasinya dan pilih “Tampilkan Konten Paket“, semua isi dari aplikasi akan terlihat. Sobat bisa langsung mengedit file  “main.scpt” yang ada dalam folder /Contents/Resources/Scripts/main.scpt

gambar_w_05

Demikian tips dari saya seputar Mac OS X kali ini, semoga bermanfaat buat sobat MacPoin.

Pada artikel selanjutnya mungkin saya akan membahas tutorial lebih lanjut tentang cara membuat aplikasi sederhana Apple Script dari awal sampe jadi.

Terimakasih sobat MacPoin.

  Mengganti Baterai MacBook Pro Sendiri  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Deal with it !