Home Tutorial 10 Langkah Mudah untuk Menghemat Baterai di iOS

10 Langkah Mudah untuk Menghemat Baterai di iOS

10 Langkah Mudah untuk Menghemat Baterai di iOS

Perangkat iOS, khususnya iPhone, terkenal dengan baterainya yang boros. Ini membuat para penggunanya serasa harus selalu berada di dekat sumber daya untuk bisa mengisi daya perangkat mereka. Hal ini juga diperparah dengan konektor lightning yang hanya didukung oleh iPhone. Oleh karena itu, para pengguna selalu mencari cara untuk menghemat baterai perangkat mereka.

Menghemat baterai di iOS

iOS sebenarnya bukanlah sistem operasi yang menyedot banyak daya. iOS sudah dirancang sedemikian rupa sehingga menggunakan daya dengan efisien. Meskipun begitu, tetap saja banyak yang mengeluh baterai mereka cepat habis. Kebanyakan tidak tahu bahwa kebiasaan pengguna bisa jadi penyebab borosnya baterai. Berikut ini adalah beberapa tips dasar yang bisa dicoba untuk menghemat baterai iOS.

Nyalakan Low Power Mode

Cara termudah dalam menghemat baterai di iOS adalah dengan menyalakan Low Power Mode. Mode hemat baterai ini mulai hadir di pembaruan iOS 9. Mode ini hanya tersedia di iPhone. Apple mengklaim bahwa dengan mengaktifkannya, kita bisa menghemat baterai hingga 3 jam. Mode ini akan menunda semua pembaruan di latar belakang, termasuk background app refresh, namun tetap mengizinkan semua notifikasi masuk.

Jangan pasang banyak aplikasi

Memasang banyak sekali aplikasi juga bisa membuat baterai menjadi lebih boros. Masih ingat dengan kasus Facebook yang menyedot banyak baterai meskipun tidak digunakan? Ya seperti itulah dia. Jika misal ada banyak aplikasi yang senantiasa aktif seperti Facebook, BBM, Line, Whatsapp, dan lain-lain, maka perangkat juga akan lebih membutuhkan daya.

Jangan main game

Bermain game termasuk aktivitas yang intensif. Game butuh kinerja tinggi sehingga pasti butuh daya yang lebih besar. Hindarilah bermain game di iPhone jika ingin menghemat baterai di iPhone tersebut.

Matikan background app refresh

Background app refresh adalah fitur yang menurut saya sangat bermanfaat untuk beberapa aplikasi seperti Withings, Human, Google Maps dan HERE Maps. Dengan background app refresh aplikasi akan berjalan di latar belakang untuk melakukan tugas tugas tertentu. Namun bila background app refresh dinyalakan untuk aplikasi chat seperti Line, Whatsapp, BBM, maka penggunaan daya akan menjadi berlebih. Oleh karena itu, nyalakan saja background app refresh pada aplikasi yang memang benar-benar membutuhkannya, selebihnya matikan saja.

Push mail

Push mail juga sangat boros baterai. Gunakan saja pengaturan fetch untuk setiap 1 jam atau 2 jam. Dengan demikian, sistem akan mengecek email setiap 1 jam atau 2 jam dan bukan secara realtime sehingga bisa menghemat daya dan juga data pada iOS. Namun, bila masih menginginkan push mail secara real time, bisa menggunakan aplikasi seperti Outlook dari Microsoft.

Matikan fitur lokasi yang tidak perlu

Beberapa fitur lokasi bisa sangat bermanfaat seperti mengatur zona waktu, kalibrasi kompas, dan lain lain. Namun terdapat juga fitur yang sangat boros batera, dan kurang bermanfaat seperti lokasi yang sering dikunjungi dan iAd menurut lokasi. Lebih baik dimatikan saja fitur-fitur yang tidak terlalu penting agar bisa menghemat baterai lebih baik.

Pastikan sinyal seluler stabil

Sinyal seluler mungkin menjadi penyebab utama borosnya baterai iPhone. Sinyal yang tidak stabil dan susah untuk terhubung ke jaringan internet membuat banyak tugas-tugas latar belakang ikut terhambat. Misalnya saja aplikasi LINE yang mencoba untuk mengunduh pesan namun kesulitan karena jaringan yang buruk. Bila sudah demikian, daya yang digunakan pasti jauh lebih besar. Matikan saja jaringan seluler untuk sementara hingga menemukan sinyal yang stabil.

Gunakanlah Wifi

Meskipun Wifi sering dianggap sebagai penyebab baterai boros, namun kenyataannya sambungan internet dengan Wifi lebih ringan daripada dengan sinyal seluler. Hal ini disebabkan jarak antar pemancar. Bila koneksi seluler, perangkat harus berkomunikasi dengan pemancar yang jaraknya bisa berkilo-kilometer, sambungan wifi hanya berjarak beberapa meter. Secara teori, sambungan Wifi juga memungkinkan sambungan yang lebih cepat, sehingga semua tugas latar belakang juga bisa diselesaikan dengan cepat, sehingga lebih hemat baterai.

Airplane Mode

Bila semua sudah dilakukan namun masih boros daya, coba nyalakan Airplane mode. Airplane mode akan mematikan semua fitur jaringan nirkabel. Dengan demikian, perangkat akan benar-benar menghemat daya lebih besar. Jika masih saja boros, kemungkinan besar terdapat masalah pada baterai itu sendiri.

Kalibrasi?

Sebelum mendiagnosa sebuah baterai sudah rusak atau belum, cara termudah adalah dengan melakukan kalibrasi baterai. Kalibrasi baterai tidak akan membuat baterai menjadi lebih sehat, namun hanya memperbaiki keakuratan software dalam membaca level dan kapasitas baterai. Meskipun baterai masih sehat, ada kemungkinan software perlu dikalibrasi untuk meningkatkan keakuratan pembacaan baterai.

Nah, mungkin itu sedikit tips untuk menghemat baterai di perangkat iDevice. Apa kamu punya tips lain?

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode