Apple Siapkan iPhone dengan Baterai Mudah Dilepas?

Apple resmi merilis program Apple Self Service Repair yang membuat pengguna bisa memperbaiki iPhone sendiri dengan panduan perbaikan resmi dan suku cadang original dari Apple.

Sekilas hal ini terdengar seperti sesuatu yang luar biasa. Hal ini karena Apple belum pernah melakukan sesuatu seperti ini sebelumnya. Namun kamu jangan terkecoh.

Menurut iFixit, program Apple Self Service Repair memang sebuah gebrakan baru dari Apple. Namun program tersebut tidak cukup signifikan untuk memberikan kebebasan pada pengguna.

Pasalnya, setiap suku cadang yang dibeli oleh pengguna harus disesuaikan dengan nomor serial atau IMEI dari perangkat pengguna. Jadi jika suku cadang tidka sesuai dengan IMEI, maka suku cadang tidak bisa digunakan dan akan dianggap sebagai suku cadang tidak original Apple.

Proses memasukkan nomor serial atau IMEI ini diperlukan sebelum memesan suku cadang secara online. Jadi jika nomor serial atau IMEI dari suku cadang dipakai di perangkat yang tidak terdaftar sebagai nomor serial atau IMEI suku cadang tersebut, maka suku cadang tak bisa dipakai.

Jadi bagaimana nih? Apakah ini sudah bisa disebut hak kebebasan dalam memperbaiki perangkat?

via MacRumors

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.