Apple Music Support High Resolution Lossless Audio, Seberapa Penting

Apple Music adalah layanan streaming musik dari Apple yang sangat populer di dunia. Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan untuk memainkan musik lossless.

Ya, kini sudah banyak sekali katalog lagu yang mendukung Lossless. Bahkan bisa dibilang hampir semua musik di Apple Music sudah mendukung Lossless. Lalu apa masalahnya?

Masalahnya adalah pengguna harus menggunakan headphone kabel untuk bisa mendengarkan musik Lossless. Hal ini karena keterbatasan bandwidth Bluetooth yang tidak mampu mengalirkan audio lossless.

Namun Qualcomm dikabarkan sudah menemukan cara agar file audio lossless bisa dialirkan menggunakan Bluetooth. Qualcomm membuat sebuah chip tambahan yang saat ini diberi nama S3 dan S5.

Apakah Apple tertarik menggunakan teknologi ini? Hingga kini belum ada komentar resmi dari Apple. Namun Apple hampir pasti tak akan menggunakannya.

Hal ini karena perangkat yang ingin menggunakan teknologi ini harus menggunakan chip Qualcomm. Apple tidak menggunakan chip Qualcomm di perangkat buatannya.

Apple sendiri sebenarnya juga sudah dirumorkan telah menemukan cara untuk mentransmisikan lossless tanpa kabel. Caranya adalah dengan menggunakan teknologi Ultra-Wideband (UWB). 

Teknologi ini sudah ada di AirPods namun belum bisa dipakai untuk lossless. Bisa jadi Apple akan merilis software update di masa depan untuk mengaktifkan fitur Lossless via UWB.

via 9to5mac

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.