Update Swift Playground Mendukung 5 Bahasa Baru

Apple sudah mengumumkan di WWDC 2021 kemarin bahwa mereka akan merilis Swift Playground 4 yang punya fitur untuk membuat aplikasi iPhone dan iPad secara langsung dari iPad tanpa Xcode. Update tersebut akhirnya resmi dirilis hari ini. 

Membuat aplikasi iOS untuk iPhone dan iPad memang sejauh ini cuma bisa dilakukan di komputer Mac atau MacBook dengan bantuan Xcode sebagai Integrated Development Environment.

Namun kini para pengembang aplikasi punya opsi untuk menggunakan Swift Playground 4 sebagai salah satu tool untuk bisa membuat aplikasi iOS dan iPadOS.

Tak cuma membuat aplikasi iOS dan iPadOS saja tetapi pengembang juga bisa langsung merilisnya ke App Store. Tentu saja ini adalah sebuah lompatan besar untuk para pengembang aplikasi.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah pengembang hanya bisa membuat aplikasi iPhone dan iPad dengan menggunakan SwiftUI saja. Ini adalah salah satu cara Apple untuk mempromosikan SwiftUI.

Kedua adalah hanya iPad yang sudah menggunakan minimal iPadOS 15.2 saja yang bisa menggunakan fitur ini di Swift Playground 4. Jadi pastikan kamu sudah update iPadmu ke iPados 15.2.

Download Swift Playground di App Store

  ⚡️ Review Logitech G435 Lightspeed: Mencari Headset Gaming Bluetooth Terbaik  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.