Fitur Universal Control Kini Diberi Label ‘Beta’ Menjelang Perilisan macOS Monterey

Universal Control adalah salah satu fitur unggulan di macOS Monterey yang hingga kini masih belum jelas kabarnya. Apple berjanji akan merilisnya di musim gugur tahun 2021 ini, dan kini Apple menundanya hingga musim semi tahun 2022 mendatang.

Mulai muncul spekulasi bahwa Apple akan gagal mengembangkan fitur ini sesuai dengan standar mereka, dan pada akhirnya ‘membunuh’ Universal Control ketika belum pernah dirilis sebelumnya.

Familiar dengan pemikiran tersebut? Ya, kasusnya sangat mirip dengan AirPower. AirPower diperkenalkan secara resmi di tahun 2017, dan tak pernah dirilis ke pasaran. Pada akhirnya Apple mengakui bahwa mereka gagal mengembangkankan AirPower dan ‘membunuh’ AirPower.

Universal Control tentu berpotensi punya nasib yang sama seperti AirPower, namun saya pribadi tidak yakin jika Universal Control akan gagal seperti AirPower di masa lalu.

Salah satu alasannya adalah karena Universal Control sebenarnya sudah pernah dirilis di versi macOS Monterey Beta paling awal meskipun fitur tersebut tersembunyi dan memerlukan trik untuk mengaktifkannya.

Ketika pengguna sudah berhasil mengaktifkannya, maka Universal Control bisa digunakan. Meskipun berlabel ‘Beta’, namun nyatanya Universal Control bisa bekerja dengan sangat baik ke sesama Mac. Tidak terlihat sama sekali jika produk ini akan menjadi produk gagal.

Lalu apa yang membuat Apple masih saja menunda perilisan Universal Control? Bisa jadi karena standar tinggi yang mereka tetapkan sendiri. Universal Control memang dirancang untuk bisa terhubung bukan cuma sesama Mac, tetapi juga iPad.

Di versi Beta awal dulu, Universal Control untuk iPad masih belum bisa bekerja dengan baik. Mungkin ini yang membuat Universal Control hingga sekarang masih belum bisa dirilis ke publik.

Ketika AirPower diperkenalkan, Apple punya ambisi besar yakni kemampuan untuk mengisi 3 perangkat sekaligus. Misalnya saja iPhone, Apple Watch, dan AirPods dengan wireless charging case.

Tak cuma itu, Apple juga berambisi untuk merancang fitur yang bisa membuat ketiga perangkat yang sedang dicharge tersebut bisa berkomunikasi dan berbagi informasi tertentu.

Isu lain yang menimpa AirPower adalah kemampuan untuk bisa mengisi daya baterai tiga perangkat sekaligus namun dengan menghasilkan panas yang seminimal mungkin. Semua standar tinggi tersebut yang kemungkinan besar membuat AirPower gagal.

Bagaimana menurutmu? Apakah Apple sanggup memenuhi janjinya merilis Universal Control di musim semi tahun ini?

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.