iPhone 2021 Ganti Lightning dengan Smart Connector?

Buat kamu yang mengikuti rumor seputar iPhone 14, kamu pasti tahu bahwa iPhone 14 dikabarkan akan segera mengadopsi teknologi USB-C menggantikan Lightning.

Meskipun ini masih seputar rumor dan belum ada informasi resmi apapun dari Apple, namun tetap saja menarik untuk diikuti. Jika beneran kejadian, kira-kira apa alasan Apple mengganti USB-C ke Lightning?

Alasan pertama dan yang paling masuk akal justru bersumber dari Eropa. Ya, Uni Eropa akan mengesahkan undang-undang yang mengatur setiap produk yang dijual di sana harus menggunakan USB-C sebagai charger.

iPhone sendiri adalah jualan utama Apple saat ini. Apple sebenarnya sudah berjuang melawan hukum semacam ini di beberapa wilayah. Bisa jadi Apple memilih “mengalah” daripada harus terus bertempur untuk sesuatu yang bisa membawa kerugian.

Uni Eropa sendiri mewajibkan USB-C dengan alasan USB-C sudah menjadi port paling populer sehingga bisa digunakan di banyak perangkat. Hal ini bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna dan mengurangi kerusakan lingkungan.

Alasan lain yang masuk akal adalah hal-hal yang berhubungan dengan teknis. Misalnya saja kecepatan transfer data USB-C lebih cepat dari Lightning. Cocok untuk iPhone 14 Pro yang memang semakin membutuhkan kecepatan transfer data yang cepat.

Namun sepertinya Apple tak akan merilis semua iPhone 14 dengan USB-C. Hanya seri Pro dan Pro Max saja. Sama seperti iPad, yang mana seri iPad 10.2 inch masih menggunankan Lightning dan iPad lainnya sudah menggunakan USB-C.

via Notebookcheck, Toms Guide

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.