Apple Silicon Berbasis ARM Siap Dukung Thunderbolt 4

Setelah sukses merilis iPhone 13 dengan A15 Bionic, Apple sudah pasti akan melanjutkan pengembangan iPhone berikutnya dengan chip yang lebih baru, yakni Apple A16 Bionic.

Chip baru dari Apple diprediksi akan mampu memberikan peningkatan performa, efisiensi, serta penambahan fitur baru. Tahun ini, Apple merilis A15 Bionic dengan fabrikasi 5nm+.

Fabrikasi tersebut sebenarnya sama dengan A14, yakni 5nm. Namun fabrikasi tersebut diklaim lebih baik 5nm yang ada di A14. Di tahun 2022 mendatang, Apple kabarnya juga masih akan menggunakan 5nm.

Ya, bukan 4nm ataupun 3nm tetapi masih 5nm. Hanya saja kabarnya TSCM akan memberikan nama N4P. Tak mengherankan jika TSMC kesulitan membuat chip dengan fabrikasi yang lebih kecil di tengah pandemi seperti ini.

Jika melihat rumor yang ada sebelumnya, Apple diprediksi akan sudah menggunakan chip dengan fabrikasi 4nm atau bahkan 3nm di tahun 2022 mendatang. Namun hal ini langsung berubah karena pandemi.

Namun masih ada kemungkinan bahwa N4P akan mengadopsi teknologi fabrikasi yang lebih kecil, misalnya 4nm. Namun apapun itu, yang jelas chip ini akan lebih cepat dari A15 Bionic.

via iMore

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.