Facebook Minta Pengguna iOS 14 Aktifkan Tracking Demi Iklan

Buat kamu pengguna iPhone, iPad atau iPod touch yang sudah update ke iOS 14 atau iPadOS 14, pasti tahu yang namanya App Tracking Transparency. Ya, fitur ini kini menjadi fitur wajib di setiap aplikasi yang ingin nongol di App Store.

Dengan fitur ini, pengguna bisa punya pilihan untuk mengizinkan aplikasi pihak ketiga merekam aktivitas kita. Tentu saja para pengguna banyak yang memilih untuk tidak memberikan izin.

Meskipun menguntungkan bagi para pengguna, namun fitur ini sangat merugikan perusahaan yang mendapatkan pendapatan dari iklan. Sosial media adalah salah satu yang terkena dampaknya.

Menurut perusahaan teknologi periklanan Lotame, pendapatan dari Facebook, Google/YouTube, Twitter, hingga Snap turun hingga 12%. Total dari kerugian empat perusahaan tersebut adalah senilai hampir $10 triliun.

Namun dari keempat perusahaan tersebut, Facebook yang disebut-sebut terkena dampak paling besar. Perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg tersebut rugi hingga $8 triliun.

Karena App Tracking Transparency membuat sistem periklanan tersebut tidak bisa mendeteksi aktivitas dan data pengguna, maka sangat sulit untuk memberikan iklan yang benar-benar tertarget.

via Apple Insider

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.