MacBook Pro Pakai Notch, Akankah Ditiru Laptop Lain di Masa Depan

Masih ingat dengan iPhone X yang menjadi iPhone pertama dengan Notch? Desain Notch di iPhone X pada akhirnya ditiru oleh banyak smartphone dari produsen lain.

Kini Apple kembali merilis ‘inovasi’ di MacBook, yakni membawa Notch ke MacBook. Pertanyaannya sekarang adalah, apakah Notch akan ditiru oleh para produsen laptop seperti kasus Notch di iPhone X?

Mungkin saja, dan kalaupun ditiru oleh banyak laptop lain maka hal tersebut sebenarnya bukanlah hal yang mengejutkan. Namun yang paling menarik dinanti adalah implementasi dari Notch tersebut. Baik hardware maupun software.

Untuk hardware, tentunya menarik apakah Notch di laptop lain tersebut hanya sekedar tiruan atau ada manfaatnya. Misalnya mengumpulkan semua sensor di Notch dan membuat bezel bagian atas menjadi sangat tipis.

Lalu untuk implementasi software, para produsen laptop tersebut kebanyakan menggunakan Windows dari Microsoft, ChromeOS dari Google atau berbagai distro Linux. Para produsen laptop harus memastikan software mereka bisa mengimplementasikan Notch.

Bagian samping kanan dan kiri Notch di MacBook akan digunakan untuk menu bar untuk meletakan menu list dan juga menulets. Bagian atas Windows misalnya, tak punya implementasi serupa saat ini. 

Namun ingat! Sebelum produsen lain meniru desain dari produk Apple biasanya mereka akan menghina dan memaki desain produk Apple terlebih dahulu. Itu selalu terjadi dan seakan-akan mereka sedang melestarikan sebuah tradisi suci.

Desain dan keputusan apapun yang dipilih oleh Apple, seperti menentukan nasib produk-produk dari produsen lain di masa yang akan datang. 

Desain Notch iPhone, desain AirPods, desain perangkat tanpa headphone jack, keputusan Apple menjual produk tanpa charger dan masih banyak lagi desain dan keputusan Apple yang akhirnya ditiru pihak lain.

Menarik nih, kira-kira seperti apa ya laptop tiruan MacBook Pro dari produsen lain?

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.