Peduli Dengan Open Source, Apple Resmi Gabung Blender Development Fund

Sudah bukan rahasia lagi jika Apple terkenal dengan produk yang sangat tertutup. Mereka ingin bisa mengontrol apapun yang mereka mau di semua produk yang mereka rilis.

Namun bukan berarti Apple membenci perangkat lunak yang free dan open source. Beberapa perangkat lunak buatan Apple seperti Darwin OS, WebKit, hingga bahasa pemrograman Swift kini sudah open source.

Tak melulu membuat produk dari awal, Apple juga bisa bergabung dengan proyek open source yang sudah ada. Salah satunya adalah Blender, salah satu perangkat lunak open source untuk 3D graphic paling populer di dunia.

Apple resmi bergabung dengan Blender Development Fund dan siap berkontribusi untuk perkembangan Blender. Kontribusi yang akan Apple berikan antara lain dukungan insinyur Apple dan — tentu saja, dan yang paling ditunggu-tunggu — kontribusi uang untuk pengembangan.

Tapi ada juga beberapa pihak yang menganggap bahwa ini juga ada hubungannya dengan kepentingan Apple. Seperti yang kita ketahui, meskipun open source namun pengembangan Blender untuk macOS tak sebagus di Linux dan Windows.

Apple bisa saja hanya fokus pada perkembangan Blender untuk macOS saja. Apalagi Apple saat ini sedang memulai proses transisi dari prosesor Intel ke chip Apple silicon. Apple seolah tak mau para pengguna Blender lari ke platform lain hanya karena tak mendapatkan dukungan penuh di macOS.

Bagaimana menurutmu?

via Apple Insider

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.