Home Mac Apa Itu Port Thunderbolt dan Bagaimana Menggunakannya?

Apa Itu Port Thunderbolt dan Bagaimana Menggunakannya?

Apa Itu Port Thunderbolt dan Bagaimana Menggunakannya?

Jika kamu membeli produk Mac, kamu pasti tidak asing dengan suatu port yang bernama Thunderbolt. Port yang secara sekilas sih eksklusif produk Mac keluaran Apple ini selalu ada di produk Mac seperti iMac, MacBook Air, MacBook Pro Retina. Port ini hampir tidak ditemukan di produk keluaran non-Apple. Sebenarnya, apa sih port Thunderbolt?

Thunderbolt adalah salah satu teknologi I/O alias Input Output yang mendukung kecepatan transfer yang super cepat, namun didesain dalam ukuran dan dimensi yang cukup ringkas. Singkatnya sih Thunderbolt ini adalah salah satu produk I/O terbaru saat ini. Teknologi ini sangat getol sekali digunakan oleh Apple.

Apa Itu Port Thunderbolt dan Bagaimana Menggunakannya?

Thunderbolt ini sebenarnya adalah teknologi yang menggabungkan transfer data antara DisplayPort dengan PCI Express. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk terhubung ke berbagai periferal seperti layar beresolusi tinggi dan periferal berkecepatan tinggi lainnya dalam sebuah port yang cukup ringkas.

Apa saja sih yang ditawarkan oleh Thunderbolt? Pertama tentu saja adalah kecepatan tinggi. Apalagi dengan versi baru Thunderbolt 2 yang terpasang di MacBook Air, MacBook Pro Retina, Mac Mini, iMac dapat melakukan transfer dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Apa Itu Port Thunderbolt dan Bagaimana Menggunakannya?

Kedua, kompatibel dengan teknologi PCIe alias PCI Express. PCIe menurut saya sudah cukup cepat, ya kalau untuk ukuran saya sih sudah sangat cepat. apalagi dengan Thunderbolt, kecepatannya akan jauh meningkat. Kamu juga bisa melakukan hot-plugging perangkat eksternal seperti array RAID dan solusi perekaman video sehingga mudah berpindah antar komputer Mac.

Apa Itu Port Thunderbolt dan Bagaimana Menggunakannya?

Penggunaan Thunderbolt di Mac biasanya sih lebih ke penggunaan port eksternal seperti adapter ke LCD Projector atau menggunakan layar eksternal seperti Apple Thunderbolt Display. MacBook Air tidak punya port HDMI, jadi butuh adapter HDMI to Thunderbolt. Kita juga bisa memproyeksikan layar MacBook ke layar eksternal menggunakan Thunderbolt.

Meskipun bukan teknologi proprietary, nyatanya hanya Apple yang bisa dibilang sangat semangat menggunakan teknologi Thunderbolt ini. Bagaimana? Keren kan?

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode