Apple Ternyata Pindai Setiap Foto yang Diunggah ke iCloud?

Apple resmi memperkenalkan sebuah fitur baru yang rencananya akan dirilis bersamaan dengan update iOS 15, iPadOS 15, watchOS 8 dan macOS 12 Monterey.

Fitur baru yang dimaksud adalah Child Safety yang punya fungsi utama untuk memberikan keamanan untuk anak-anak dari konten-konten yang tidak pantas yang mereka terima.

Salah satu implementasi yang Apple inginkan adalah mereka ingin punya mekanisme untuk mendeteksi foto atau konten tak pantas di pustaka foto iCloud pengguna.

Dengan demikian, Apple akan memindai foto pengguna yang tersimpan di iCloud. Meskipun Apple berkata mereka tetap mengutamakan privasi pengguna, tetap saja ada pihak yang khawatir.

Pihak yang paling khawatir tentu saja para pengamat dan peneliti keamanan digital. Apple menggunakan teknologi yang diberi nama NeuralHash untuk memindai foto pengguna yang tersimpan di iCloud Photos Library.

Selain khawatir soal privasi, mereka juga khawatir bahwa jika fitur ini diizinkan maka akan berpotensi bisa digunakan untuk hal lain. Misalnya mendeteksi foto yang menunjukkan protes terhadap pemerintah.

Apple juga bisa saja diam-diam mengimplementasikan teknologi ini dengan cara lain. Alih-alih memindai foto yang ada di iCloud Photo Library, bisa jadi Apple menciptakan mekanisme yang membuat perangkat memindai semua foto yang disimpan di perangkat.

via MacRumors

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.