Radeon Pro Vega Bikin Performa Grafis MacBook Pro Makin Ngebut!

Apa yang akan kamu lakukan jika ingin bisa memainkan game di laptop dengan performa tinggi? Tentu saja kamu perlu laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

Salah satu spesifikasi yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah performa kartu grafis atau GPU. GPU terbaik yang bisa didapatkan di MacBook Pro 16 inch adalah AMD Radeon Pro 5600M dengan memori 8GB.

Kartu grafis ini membuat pengguna MacBook Pro 16 inch tak perlu lagi menggunakan eGPU untuk menjalankan berbagai software atau game yang perlu performa kartu grafis tinggi.

Hanya saja, AMD Radeon Pro 5600M hanya tersedia dalam versi custom order dengan membayar biaya tambahan sebesar $800. Total yang harus dikeluarkan oleh pengguna adalah minimal $3200. Tentu saja hal ini sangat mahal.

Namun dunia gaming Mac sepertinya akan berubah total berkat M1X. Berbagai rumor mengatakan bahwa M1X akan hadir dalam 2 varian, yakni 16-core dan 32-core. Chip M1 saat ini juga tersedia dalam 2 varian juga, yakni 7-core dan 8-core. 

Untuk performa GPU M1X 16-Core saja sudah diprediksi punya performa yang sama atau bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan AMD Radeon Pro 5600M. Bayangkan saja seperti apa performa varian 32-core.

Varian 32-core bisa jadi performanya akan mendekati performa AMD Vega II 12-core di Mac Pro saat ini. Tentu saja hal ini sungguh gila.

Lebih keren lagi, performa tinggi tersebut adalah berupa kartu grafis integrated atau onboard yang menyatu dengan CPU dan memori utama komputer, bukan kartu grafis dedicated atau diskrit.

Dengan asumsi prediksi di atas adalah benar, maka performa grafis M1X akan lebih tinggi dari AMD Radeon Pro 5600M namun jauh lebih hemat baterai dan menghasilkan jauh lebih sedikit panas.

Sekarang masalahnya adalah tinggal para pengembang game saja yang memutuskan apakah akan merilis game-game kelas berat milik mereka ke macOS. Kira-kira bagaimana menurutmu?

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.