Windows 11 Tidak Bisa Diinstall di Semua Komputer Mac

Microsoft resmi memperkenalkan Windows 11. Tak cuma itu saja, Microsoft juga memberikan spesifikasi minimal sebuah komputer yang akan bisa menggunakan Windows 11.

Ternyata tak ada satupun Mac atau MacBook yang mampu memenuhi spesifikasi minimal dari Microsoft tersebut. Bahkan di Mac dengan prosesor Intel terbaru dan spesifikasi paling tinggi sekalipun.

Salah satu alasan mengapa Windows 11 tidak bisa diinstall di Mac adalah karena persyaratan TPM 2.0 yang diminta oleh Microsoft. TPM atau Trusted Platform Module adalah sebuah chip yang ada di Logic Board.

Fungsinya adalah untuk mengecek dan memastikan integritas keamanan dari sistem operasi tersebut. TPM juga bisa digunakan untuk mengontrol kriptografi, manajemen DRM, dan lain sebagainya. Kira-kira mirip dengan secure enclave di Mac.

Apple tak pernah merilis Mac dengan dukungan TPM 2.0. Jika Microsoft memutuskan untuk membuat persyaratan seketat itu, maka tak akan ada satupun Mac yang bisa install Windows 11.

Bahkan jika pengguna Windows di Mac menjalankan tools Windows PC Health Checker untuk mengecek apakah Mac mereka kompatibel dengan Windows 11, maka akan muncul peringatan “this PC can’t run Windows 11.”

Tak cuma itu, tidak semua komputer dan laptop Windows juga mendukung TPM 2.0. Jika Microsoft tidak memberikan semacam “keringanan”, maka banyak komputer dan laptop Windows yang juga tidak bisa install Windows 11.

via 9to5mac

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.