Apple Resmi Perkenalkan Headphone AirPods Max

Apple resmi memperkenalkan Apple Music dengan fitur spatial audio, Dolby Atmos dan Hi-Resolution lossless audio. Dari semua fitur ini, hanya lossless audio yang tak bisa dipakai di semua AirPods, termasuk seri AirPods Pro dan AirPods Max.

Hal ini karena lossless audio membutuhkan dukungan untuk bandwidth tinggi. Apple Lossless Audio menggunakan format ALAC (Apple Lossless Audio Codec) dan mendukung 16 bit 44,1 kHz, 24 bit 48 kHz, dan 24 bit 192 kHz.

Audio seperti itu hanya bisa didengarkan secara maksimal dengan menggunakan kabel. Seperti yang kita ketahui, AirPods menggunakan koneksi nirkabel dan tidak mendukung sambungan menggnakan kabel.

AirPods Max, sebagai headphone over-ear paling mahal dari Apple sebenarnya punya dukungan sambungan kabel, hanya saja cuma mendukung sumber audio analog dan tidak mendukung secara native format audio digital untuk lossless.

Meskipun tak bisa dipakai untuk mendengarkan audio lossless, namun file audio atau musik tetap bisa diputar. Namun tentu saja kualitasnya tidak akan sama dengan kualitas lossless ketika digunakan di headphone yang mendukung.

Ini adalah sebuah kekecewaan besar untuk para pengguna AirPods Max. Pengguna hanya bisa mendengarkan audio lossless dengan kualitas terbaik dari iPhone, iPad, Mac, atau Apple TV dan menggunakan headphone kabel lainnya yang mendukung ALAC.

via MacRumors

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.