Apple Music Hi-Fi Diperkenalkan, Support Dolby Atmos dan Lossless Audio

Beberapa hari yang lalu kita dikejutkan dengan rumor Apple Music Hi-Fi. Ya, Apple Music versi khusus yang memberikan dukungan audio yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Kini Apple resmi memperkenalkan Apple Music dengan dukungan Spatial Audio dengan Dolby Atmos dan Hi-Resolution Lossless Audio. Lebih menarik lagi, fitur baru ini bisa dinikmati tanpa biaya tambahan.

Lossless Audio adalah sebuah audio yang sama dengan apa yang studio dengarkan. Dengan kata lain, audio tidak akan mengalami kompresi apapun. Berbeda dengan audio musik yang sering kita dengarkan di Apple Music dan layanan musik lainnya.

Apple menggunakan format ALAC (Apple Lossless Audio Codec) untuk mempertahankan setiap bit dari audio asli. Kelebihannya tentu saja kualitas audionya sangat murni karena belum dikompres. Pengguna akan mendengarkan audio yang sama dengan kualitas audio saat rekaman di studio.

Apple Music Hi-Fi Diperkenalkan, Support Dolby Atmos dan Lossless Audio

Namun konsekuensinya adalah ukuran file yang sangat besar. Satu lagu bisa jadi akan punya ukuran lebih dari 100MB. Karena file yang besar dan spesifikasi bandwidth audio yang besar pula, Lossless Audio hanya bisa didengarkan di headphone tertentu saja.

Tingkat Lossless Apple Music dimulai dari kualitas CD, yaitu 16 bit 44,1 kHz (kilohertz), dan naik hingga 24 bit 48 kHz dan dapat diputar secara native di perangkat Apple. Apple Music juga menawarkan Hi-Resolution Lossless hingga 24 bit 192 kHz.

via Apple Newsroom

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.