Apple Silicon di Mac: Awalnya Diragukan, Kini Dipuja-Puja

Sudah bukan hal baru lagi jika Apple silicon generasi pertama untuk Mac, yakni M1 mendapatkan banyak pujian dari berbagai pihak. Hal ini karena mampu memberikan performa yang sangat tinggi dengan menggunakan jauh lebih sedikit energi.

Chip M1 mungkin memang bukan chip paling canggih dari semua chip dan prosesor yang ada saat ini di pasaran. Namun performa tinggi, efisiensi yang bagus, dan optimasi antara hardware dan software buatan Apple membuat Mac dengan M1 ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Mac dengan prosesor Intel.

Apple juga diprediksi akan merilis chip M1X yang punya 12-core, yang terdiri dari 4-core efisien dan 8-core performa tinggi. Sudah banyak pihak yang memprediksikan bahwa chip M1X akan mengalahkan Intel Core i9-10900K dan Ryzen 7 5800X.

Meskipun begitu, sepertinya kehebatan Mac dengan Apple silicon masih belum berakhir. Hal ini tentu saja karena Arm baru saja memperkenalkan Armv9. Teknologi ini adalah teknologi baru yang menggantikan Armv8.

Fokus pada performa, keamanan dan kecerdasan buatan, Armv9 tentu saja akan membuat chip yang mengadopsinya juga akan mendapatkan benefit tersebut. Bukan cuma produk Apple seperti iPhone, iPad dan Mac saja tetapi juga produk lain buatan non-Apple seperti smartphone, tablet, komputer desktop hingga server akan dapat benefit yang sama.

Khusus Mac, sudah tentu penggunaan Armv9 akan semakin membuat Mac semakin canggih. Apple diprediksi akan merilis Mac pertama dengan teknologi Armv9 pada tahun 2022 mendatang.

Ditambah lagi, Apple juga diprediksi siap dengan fabrikasi 4nm atau bahkan 3nm process di tahun 2022 mendatang. Tentu akan membuat chip Apple silicon semakin canggih saja, dan semakin membuat keputusan Apple meninggalkan Intel menjadi semakin tepat.

Intel sendiri sekarang sudah bisa dibilang macet untuk urusan inovasi. Tak ada perkembangan yang siginifikan dari chip Intel terbaru. Apalagi prosesor x86 juga diprediksi akan semakin ditinggalkan ketika chip berbasis ARM dan sistem operasi populer seperti Windows semakin mengikuti perkembangan chip berbasis ARM.

Bagaimana menurutmu?

  ⚡️ Modem Telkomsel Orbit TERMURAH, Secepat Apa..?? Review Telkomsel Orbit Star A1  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.