Intel merilis iklan bertajuk GoPC yang mengklaim bahwa prosesor buatannya adalah lebih baik dari chip Apple silicon yang digunakan di Mac dan MacBook. Hal ini seperti ingin membuktikan bahwa keputusan Apple meningggalkan Intel adalah keputusan salah.

Namun yang terjadi di lapangan malah justru sebaliknya. Iklan Intel dianggap bias dan aneh karena tidak jelas dan tidak konsisten dalam melakukan perbandingan, suka gonta-ganti perangkat ketika topik perbandingannya berbeda, dan beberapa informasi dianggap kurang akurat.

Tak cuma di situs web, Intel juga merilis lima buah video promosi di YouTube. Dari lima buah iklan Intel di YouTube, semuanya punya jumlah dislike yang lebih banyak dari jumlah likenya.

Intel merilis iklan ini tak lama setelah rumor mengenai chip M1X muncul ke internet. Saat ini Apple baru merilis chip Apple M1, dan varian lain M1X diprediksi akan segera hadir di pertengahan tahun 2021 ini.

M1X diprediksi akan punya 12-core, dengan 4-core daya efisien dan 8-core performa tinggi. Selain itu, skor benchmarknya diprediksi akan mengalahkan Intel Core i9-10900K dan Ryzen 7 5800X. 

Masuk akal jika Intel mulai ketakutan. Chip M1 di Mac saja sudah bisa mengalahkan performa semua Mac dengan prosesor Intel untuk Single-corenya, apalagi M1X nanti akan mulai mengalahkan Mac dengan prosesor Intel untuk Multi-corenya.

Intel seperti ingin memanfaatkan momentum antara perilisan M1 dengan sebelum perilisan M1X untuk menyerang Mac. Namun sepertinya kampanye iklan tersebut kurang efektif.

Memang banyak perdebatan yang akan muncul. Seperti Apple silicon tidak akan bisa mengalahkan prosesor Intel karena prosesor Intel punya teknologi Hyperthreading dan Turbo Boost. Namun hal itu sebenarnya tidak terlalu berpengaruh.

Susah membandingkan keduanya jika hanya melihat spesifikasi di atas kertas. Prosesor Intel dan Apple silicon memang sudah tidak apple-to-apple sejak awal. Prosesor Intel bisa disebut general-purpose processor dan tersedia di banyak platform dan perangkat, sedangkan Apple silicon adalah chip yang sangat full custom, terspesialisasi, dan sudah dioptimasi untuk hardware dan software Apple.

Cara paling mudah membandingkannya adalah dengan skor benchmark dan real-life usage. Hal ini karena perbandingan ini bisa dirasakan secara langsung oleh pengguna itu sendiri.

Misalnya saja membandingkan komputer dengan prosesor Intel dan chip Apple silicon untuk melakukan dua aktivitas yang sama dengan perangkat lunak yang sama. Tinggal lihat saja yang mana yang bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, maka dia pemenangnya.

via Tom’s Guide

  ⚡️ Modem Telkomsel Orbit TERMURAH, Secepat Apa..?? Review Telkomsel Orbit Star A1  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.