Apple Silicon di Mac: Awalnya Diragukan, Kini Dipuja-Puja

Apple resmi merilis chip Apple silicon berbasis ARM menggantikan prosesor Intel di komputer Mac. Sebenarnya ada banyak sekali alasan Apple mengapa meninggalkan Intel dan beralih ke chip buatan sendiri.

Selain karena alasan performa dan inovasi prosesor Intel yang semakin ketinggalan, ternyata Apple bisa menghemat uang dengan menggunakan chip buatan sendiri.

Dilansir dari Techradar, Apple bahkan bisa menghemat uang hingga $2.5 milyar hanya karena menggunakan chip buatan sendiri. Angka ini terbilang cukup mencengangkan.

Biaya produksi dari chip M1 sendiri adalah sekitar $40 hingga $50, sementara itu biaya penggunaan prosesor Intel adalah sekitar $175 hingga $250. Perbedaan ini jelas sangat tinggi.

Bahkan Apple sangat sedikit sekali mengeluarkan biaya riset untuk chip Apple M1 ini karena pada dasarnya chip Apple M1 ini adalah chip Apple A14 yang dioptimalkan untuk Mac.

Beberapa optimasi tersebut adalah jumlah core CPU yang lebih tinggi hingga 8-core, core GPU yang lebih tinggi hingga 8-core, dan bahkan peningkatan core pada Neural Engine yang mencapai 16-core.

Apple sangat beruntung karena meskipun memiliki manfaat finansial, penggunaan M1 di Mac dan MacBook tidak membawa kerugian di sisi penggunaan komputer. Bahkan Mac dengan chip M1 diakui jauh lebih baik dari Mac dengan prosesor Intel.

Bukan cuma lebih baik dalam urusan performa, tetapi juga lebih baik dalam urusan efisiensi energi. Produksi panas M1 juga terbilang lebih rendah dari prosesor Intel karena TDP yang lebih rendah. Tak heran jika Apple berani merilis MacBook Air tanpa kipas namun punya performa tinggi dan sangat hemat baterai.

via Techradar

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.