Jumlah Malware di Mac Kini Lebih Banyak dari Windows?

Komputer Mac dari Apple memang dikenal lebih sulit disusupi malware. Selain itu, jumlah malware yang menyerang macOS juga tak sebanyak platform lain seperti Windows.

Namun bukan berarti Mac tidak bisa disusupi malware sama sekali. Menurut peneliti dari Red Canary, mereka mengungkapkan bahwa ada 30.000 Mac di seluruh dunia yang sudah terinfeksi malware.

Tim peneliti menyebut malware baru ini dengan nama Silver Sparrow. Malware baru ini ditemukan di 153 negara yang terkonsentrasi di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Perancis, dan Jerman.

Tak cuma menyerang Mac saja, tetapi Silver Sparrow sudah teroptimasi untuk bisa menginfeksi Mac dengan chip M1. Silver Sparrow adalah malware kedua yang hadir di chip Apple M1 setelah GoSearch22.

Cara kerja dari Silver Sparrow adalah dalam beberapa waktu sekali, Mac yang terinfeksi Silver Sparrow akan memeriksa server kontrol untuk melihat apakah ada perintah baru yang harus dijalankan malware.

Bahkan Silver Sparrow juga mampu menghancurkan dirinya sendiri ketika dibutuhkan. Hingga saat ini masih belum jelas apa tujuan dari malware ini. 

viaΒ ZDNet

  Technow #51: Android 12, iPad Mini Pro, Nintendo Switch 2, Galaxy Watch Pake Wear OS..?? πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.