Apple Silicon di Mac: Awalnya Diragukan, Kini Dipuja-Puja

Apple resmi merilis komputer Mac baru dengan Apple silicon. Generasi pertama ini terdiri dari MacBook Air, Mac mini dan MacBook Pro. Kapan Apple akan merilis Mac generasi selanjutnya?

Saat ini memang belum ada informasi resmi mengenai hal ini. Namun sudah ada beberapa rumor mengenai spesifikasi Mac terbaru dengan Apple silicon generasi terbaru.

Apple silicon yang dimaksud adalah Apple M1X, varian lain dari Apple M1. Variasi seperti ini sudah sangat umum dilakukan oleh Apple di Apple A-Series di iPhone dan iPad.

Chip M1X diprediksi akan mendukung performa yang lebih tinggi dari M1, dengan dukungan prosesor hingga 12 core dan memori hingga 32GB RAM. Jelas ini adalah spesifikasi yang sangat tinggi.

Prosesor Intel Core paling tinggi di komputer Mac saat ini adalah Intel Core i9 10-core di iMac 2020. 12-core M1X ini tentu saja terbilang cukup tinggi peningkatannya.

Sekedar informasi, skor benchmark Geekbench untuk Mac M1 saat ini adalah 1700-an untuk Single-Core dan 7300-an untuk Multi-Core. Sedangkan iMac dengan Intel Core i9 10-Core punya skor 1200-an untuk Single-Core dan 9000-an untuk Multi-Core.

Untuk spesifikasi grafis di Apple M1X, kabarnya akan menggunakan GPU integrated hingga 16 Core serta 256 execution units. Jika semua ini benar, maka Mac dengan Apple M1X bisa punya performa hingga 2 kali lipat lebih kencang dari Apple M1.

Untuk Thermal Design Powernya sendiri, dikabarkan beroperasi hingga 35W atau 45W. Tentu sistem pendingin yang optimal. Untungnya Apple silicon sejauh ini jauh lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit panas dari prosesor Intel.

via TechRadar

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.