Home Tutorial Cara Membuat Bootable USB Installer OS X El Capitan

Cara Membuat Bootable USB Installer OS X El Capitan

Cara Membuat Bootable USB Installer OS X El Capitan

Bagi sebagian besar pengguna Mac, rasanya memang tidak terlalu perlu untuk membuat bootable USB installer OS X El Capitan. Selain OS X sudah pre-installed di Mac Device, update dan upgrade juga bisa langsung dilakukan dengan mudah melalui app store. Bahkan jika ada masalah juga bisa recovery melalui Recovery Partition.

Tetapi bagi kamu yang ingin:

  • Download OS X El Capitan sekali, install di banyak Mac
  • Tidak ingin mendownload OS X berkali-kali
  • Clean install OS X El Capitan
  • Menginstall OS X El Capitan di HDD / SSD Baru
  • Memiliki bootable repair drive yang mungkin bisa bermanfaat suatu saat nanti
  • Install OS X tanpa internet

Maka kamu bisa membuat bootable USB installer OS X El Capitan dengan mudah, bahkan tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun.

 

Persiapan

  • 8GB USB Flashdisk
  • El Capitan installer yang bisa di-download dari App Store

 

Step 1: Amankan Installer

Setelah kamu download, maka installer OS X El Capitan bakal tersimpan di folder /Applications/ dengan nama Install OS X El Capitan.app.

Sebenarnya installer OS X ini sama seperti app lain yang di-download dari App Store, tetapi bedanya setelah diinstall maka file installer tersebut akan otomatis dihapus oleh sistem.

Untuk itu setelah download ada baiknya kamu amankan dulu installer tersebut dengan cara mengcopy file Install OS X El Capitan.app ke folder lainnya. Tujuannya jika OS X tersebut terinstall di Mac kamu dan terhapus otomatis, kamu masih punya backup nya. Untuk jaga-jaga saja daripada kamu mendownload ulang nantinya.

 

Step 2: Format USB Flashdisk

Tancapkan flashdisk ke Mac, lalu buka Disk Utility. Pilih USB drive > Erase.

Setelah itu beri nama elcapitanusb, pada Format pilih OS X Extended (Journaled), dan untuk Scheme pilih GUID Partition Map.

Setelah itu klik Erase.

Sebenarnya untuk nama kamu bisa memberi nama apapun sesuai keinginan kamu, tetapi kamu harus menyesuaikan terminal command dibawah ini sesuai dengan nama volume yang kamu pilih.

 

Step 3: Buat Bootable USB OS X El Capitan

Langkah terakhir adalah membuat bootable USB OS X El Capitan melalui Terminal. Caranya buka Terminal, lalu copy dan jalankan command dibawah ini:

sudo /Applications/Install\ OS\ X\ El\ Capitan.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/elcapitanusb –applicationpath /Applications/Install\ OS\ X\ El\ Capitan.app –nointeraction

Tekan return dan proses pembuatan USB Bootable OS X El Capitan akan dimulai. Setelah proses selesai maka bootable USB OS X El Capitan sudah siap untuk kamu gunakan.

 

Cara Boot ke OS X USB Flashdisk Installer

Jika nantinya kamu ingin boot ke Bootable USB OS X, maka tekan tahan Option saat Mac baru dinyalakan. Setelah itu pilih USB drive tersebut dari startup volume menu.

Kamu juga bisa langsung memasukkan USB installer di Mac dan menjalankan installernya langsung dari drive tersebut.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.