Dalam rangka memperingati hari privasi data yang jatuh tanggal 28 Januari, Apple memperkenalkan aplikasi bernama ‘Tracking Transparency’ yang akan dirilis sekitar musim semi tahun ini. Apple juga merilis report yang berisikan ilustrasi tentang “A Day in the Life of Your Data”, yang berisikan bagaimana Apple melakukan tracking terhadap data pengguna.

Bagi kamu yang belum tahu, Tracking Transparency ini merupakan fitur baru dimana sebuah aplikasi memerlukan izin dari pengguna sebelum melakukan tracking di aplikasi dan website. Aplikasi ini juga memberikan pengguna kendali penuh terhadap aplikasi mana saja yang meminta izin untuk tracking.

Jadi nantinya jika fitur ini diterapkan, kamu akan mendapati pesan ketika membuka aplikasi (misalnya Facebook) apakah ingin mengizinkan aplikasi untuk melakukan tracking atau tidak. Dimana hal ini membuat Facebook meradang.

Kabarnya, Tracking Transparency ini akan tersedia segera pada update beta selanjutnya, dan tersedia untuk iOS 14, iPadOS 14, dan tvOS 14 sekitar musim semi.

Source: 9to5mac

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.