Inilah Alasan Mengapa Performa Apple Silicon Begitu Kencang

Meskipun Apple merancang sendiri chip buatannya, namun untuk urusan produksi massal Apple bekerja sama dengan perusahaan lain, seperti TSMC. Praktik seperti ini sudah sangat umum dilakukan, yang dikenal dengan sebutan fabless manufacturing.

Fabless manufacturing ini sangat menguntungkan karena Apple bisa menghemat ongkos produksi dan bisa lebih meningkatkan fokus pada riset dan pengembangan chip saja.

Dilansir dari MacRumors, TSMC selaku rekanan Apple dalam memproduksi chip secara massal mengatakan bahwa mereka sedang berada di jalur yang benar alias sesuai jadwal terkait rencana produksi chip 3nm.

Produksi massal akan dilakukan mulai dari pertengahan tahun 2021 ini dan siap dibuka untuk para kliennya yang ingin menggunakan jasanya. Kapan Apple akan merancang chip dengan fabrikasi 3nm?

Belum tentu juga Apple akan melakukannya tahun ini. Menurut rumor yang beredar sebelumnya, Apple akan menggunakan fabrikasi 5nm+ di tahun 2021 ini dan 4nm di tahun 2022. Apple baru akan menggunakan fabrikasi 3nm di tahun 2023 mendatang dengan chip Apple A17 di iPhone dan iPad dan Apple M4 di Mac.

Chip 3nm diprediksi bisa menghasilkan peningkatan performa hingga 30% jika dibandingkan dengan chip 5nm sembari meningkatkan 15% efisiensi penggunaan energi.

via MacRumors

  Router WiFi Terbaik Harga Irit! Xiaomi AX1800 Review 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.