Apple Perkenalkan MacBook Air dengan Chip M1

Apple resmi merilis Mac dengan chip M1, Apple silicon berbasis ARM pertama untuk Mac. Apple silicon berbasis ARM ini akan menggantikan prosesor Intel di semua lini Mac. Apple mengatakan bahwa mereka perlu setidaknya 2 tahun transisi.

Kini generasi pertama dari Apple silicon tersebut sudah dirilis resmi ke pasaran. Ada MacBook Air, Mac mini dan MacBook Pro yang sudah mendapatkan dukungan Apple M1.

Sudah banyak orang mencoba Mac pertama dengan chip M1. Hasilnya? Sungguh di luar ekspektasi. Bahkan hasil skor benchmark single-core Mac dengan M1 saja berhasil mengalahkan semua Mac dengan prosesor Intel.

Urusan performa CPU sudah tidak diragukan lagi. Kini pertanyaannya adalah memori. Berapa banyak memori (RAM) yang dibutuhkan? Apakah 8GB sudah cukup? Atau perlu beli yang 16GB?

Ternyata Mac dengan memori 8GB sudah lebih dari cukup. Bahkan ketika diajak bekerja dengan beragam software profesional seperti Final Cut Pro, Logic Pro, Xcode, Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, dan lain sebagainya.

Bahkan meskipun sama-sama punya memori 8GB, performa Mac dengan M1 masih jauh lebih kencang dari Mac dengan prosesor Intel di dalamnya. Penasaran seperti apa?

Ketika digunakan untuk membuka software yang belum teroptimasi untuk M1 saja, Mac dengan chip M1 bisa membukanya dengan baik tanpa ada masalah yang berarti.

Ketika digunakan untuk membuka banyak software, sangat wajar jika Mac dengan memori 8GB akan sedikit kewalahan jika dibandingkan dengan 16GB. Namun kondisi ini tidak separah yang dialami Mac dengan prosesor Intel.

Tentu saja, memory stress test di video di atas bukanlah kondisi ideal banyak orang. Jarang sekali ada orang membuka dan bekerja dengan banyak software berat dalam satu waktu yang sama. 

Untuk melakukan upgrade ke memori 16GB, Apple mematok harga $200 atau sekitar Rp2.8 jutaan untuk custom order. Dengan mempertimbangkan harga tersebut, tak ada salahnya untuk membeli Mac versi standar paling murah dengan memori 8GB saja.

MacBook Air paling murah dijual dengan harga $999, Mac mini paling murah dijual dengan harga $699, dan MacBook Pro paling murah dijual dengan harga $1299. 

Harga di atas adalah harga di Amerika Serikat. Kita tunggu saja berapa harga resminya di Indonesia.

Bagaimana menurutmu? Kamu lebih mending beli yang memori 8GB atau 16GB?

  Rela Ninggalin iPhone Demi Ini..?? Samsung Galaxy S21+ 5G RESMI Indonesia 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.