Mac dengan Apple M1 Raih Skor Tertinggi Geekbench

Apple resmi merilis Mac dengan chip M1, Apple silicon pertama berbasis ARM untuk komputer Mac. Salah satu fitur yang dihadirkan di Apple M1 adalah hadirnya Unified Memory.

UMA (unified memory architecture), atau yang lebih dikenal dengan Unified Memory saja adalah arsitektur memori yang digunakan di Apple M1. Memori ini berbeda dengan memori biasa (RAM).

Apple M1 hadir dalam bentuk SoC (Sytem on Chip). Di dalamnya sudah ada CPU, GPU, memori, Neural Engine, dan masih banyak lagi komponen di dalamnya. Berbeda dengan komputer biasa yang umumnya punya modul CPU, GPU, memori dan lain-lain secara terpisah di Motherboard.

SoC memiliki sistem hardware yang terpadu, terintegrasi dan meletakkan semua komponen hardware komputer menjadi satu bagian yang lengkap. Karena menyatu semua, diperlukan komponen penghubung antar komponen untuk mengakses data dan informasi dari memori.

Kemampuan memory management menjadi salah satu hal utama yang menentukan apakah suatu komputer bisa melakukan komputasi dengan cepat atau tidak.

Dengan menggunakan desain SoC, maka proses pertukaran data di dalam memori menjadi lebih cepat dan efisien, membuatnya punya performa lebih tinggi dan lebih sedikit menggunakan energi.

Inilah Kelebihan Unified Memory di M1 Dari RAM Biasa

Uniknya, Unified Memory ini berbeda dengan konsep Shared Memory yang sudah dikenal sekarang ini. Unified memory bisa diakses oleh semua komponen di SoC tanpa adanya mekanisme untuk menjembatani memori dan komponen lain. Jadi proses pertukaran data bisa terjadi secara langsung dan lebih cepat.

Selain itu, tidak ada mekanisme alokasi memori tertentu untuk komponen tertentu. Misalnya saja untuk shared memory kartu grafis diberi jatah 1 GB. CPU dan GPU akan bekerja di alokasi memori masing-masing. Di Unified Memory, setiap komponen bisa mengakses memori secara langsung dalam waktu yang sama.

Konsep Unified Memory ini sebenarnya bukan hal yang baru. Nvidia pernah menerapkan hal yang sama. Namun implementasi dari Apple ini lebih baik karena akses ke memori bisa dilakukan oleh semua komponen di dalam SoC secara langsung dan bersamaan.

via Macworld

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.