Mac dengan Apple M1 Raih Skor Tertinggi Geekbench

Seperti yang kita ketahui, chip Apple M1 mendapatkan banyak sekali pujian. Mulai dari para pengembang aplikasi, para pelaku industri kreatif, hingga para pengguna Mac dan konsumen biasa.

Performa yang sangat tinggi hingga penggunaan energi yang sangat hemat membuat Mac dengan chip Apple M1 menuai banyak pujian. Namun sesungguhnya apa yang menyebabkan semua ini?

Pengembang aplikasi, Erik Engheim membagikan tulisannya mengenai alasan mengapa chip Apple M1 punya performa yang sangat cepat jika dibandingkan dengan performa Mac dengan prosesor Intel.

Menurutnya, chip Apple M1 tidaklah sama dengan CPU tradisional pada umumnya. Chip ini adalah System-on-Chip atau SoC yang menggabungkan beragam komponen di dalam satu chip.

Beberapa komponen di dalam Apple M1 di antaranya adalah 4-core CPU hemat energi, 4-core CPU dengan performa tinggi, GPU hingga 8-core, 16-core Neural Engine, Unified Architecture Memory, SSD controller, Image Signal Processor, Secure Enclave, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setiap bagian di dalam chip tersebut punya tugas-tugas khusus. Selain itu, karena beragam komponen berada di dalam chip yang sama tanpa adanya “penghubung” seperti CPU tradisional, proses pertukaran data antara CPU, GPU, memori, dan lain-lain bisa lebih cepat dan lebih hemat energi.

Itulah sebabnya mengapa performa chip M1 di Mac mini paling murah bisa lebih baik ketimbang prosesor Intel paling tinggi di iMac yang harganya sudah jelas jauh lebih mahal.

via Erik Engheim

  Rela Ninggalin iPhone Demi Ini..?? Samsung Galaxy S21+ 5G RESMI Indonesia 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.